Beranda > Pendidikan > Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI)

Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI)

Santyasa mengungkapkan pembelajaran kooperatif tipe GI didasari oleh gagasan John dewey tentang pendidikan, bahwa kelas merupakan cermin masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar tentang kehidupan di dunia nyata yang bertujuan mengkaji masalah-masalah sosial dan antar pribadi. Menurut Winataputra (1992:39) model GI atau investigasi kelompok telah digunakan dalam berbagai situasi dan dalam berbagai bidang studi dan berbagai tingkat usia. Pada dasarnya model ini dirancang untuk membimbing para siswa mendefinisikan masalah, mengeksplorasi berbagai cakrawala mengenai masalah itu, mengumpulkan data yang relevan, mengembangkan dan mengetes hipotesis.

Menurut Depdiknas (2005:18) pada pembelajaran ini guru seyogyanya mengarahkan, membantu para siswa menemukan informasi, dan berperan sebagai salah satu sumber belajar, yang mampu menciptakan lingkungan sosial yang dicirikan oleh lingkungan demokrasi dan proses ilmiah. Menurut Winataputra (1992:63) sifat demokrasi dalam kooperatif tipe GI ditandai oleh keputusan-keputusan yang dikembangkan atau setidaknya diperkuat oleh pengalaman kelompok dalam konteks masalah yang menjadi titik sentral kegiatan belajar. Guru dan murid memiliki status yang sama dihadapan masalah yang dipecahkan dengan peranan yang berbeda. Jadi tanggung jawab utama guru adalah memotivasi siswa untuk bekerja secara kooperatif dan memikirkan masalah sosial yang berlangsung dalam pembelajaran serta membantu siswa mempersiapkan sarana pendukung. Sarana pendukung yang dipergunakan untuk melaksanakan model ini adalah segala sesuatu yang menyentuh kebutuhan para pelajar untuk dapat menggali berbagai informasi yang sesuai dan diperlukan untuk melakukan proses pemecahan masalah kelompok.

Ibrahim, dkk. (2000:23) menyatakan dalam kooperatif tipe GI guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok dengan anggota 5 atau 6 siswa heterogen dengan mempertimbangkan keakraban dan minat yang sama dalam topik tertentu. Siswa memilih sendiri topik yang akan dipelajari, dan kelompok merumuskan penyelidikan dan menyepakati pembagian kerja untuk menangani konsep-konsep penyelidikan yang telah dirumuskan. Dalam diskusi kelas ini diutamakan keterlibatan pertukaran pemikiran para siswa.

Slavin (dalam Asthika, 2005:24) mengemukakan tahapan-tahapan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif GI adalah sebagai berikut:

1) Tahap Pengelompokan (Grouping)

Yaitu tahap mengidentifikasi topik yang akan diinvestigasi serta mebentuk kelompok investigasi, dengan anggota tiap kelompok 4 sampai 5 orang. Pada tahap ini: 1) siswa mengamati sumber, memilih topik, dan menentukan kategori-kategori topik permasalahan, 2) siswa bergabung pada kelompok-kelompok belajar berdasarkan topik yang mereka pilih atau menarik untuk diselidiki, 3) guru membatasi jumlah anggota masing-masing kelompok antara 4 sampai 5 orang berdasarkan keterampilan dan keheterogenan.

Misalnya:

1) Dalam sub pokok bahasan turunan fungsi aljabar, sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat, guru menyampikan topik yang akan diinvestigasi seperti: (a) Bila y = c maka y’= 0 (c konstanta), (b) Bila y = ax maka y’ = a (a konstanta), dan (c) Bila  y = axn  maka y’ = a.n.xn-1 (a dan n konstanta)

2) Setelah penyampaian topik bahasan yang akan diinvestigasi: (a) guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih topik yang menarik untuk dipilih dan membentuk kelompok berdasarkan topik yang mereka pilih atau menarik untuk diselidiki, (b) Guru membatasi anggota kelompok 4 sampai 5 orang dengan cara mengarahkan siswa dan memberikan suatu motivasi kepada siswa supaya bersedia membentuk kelompok baru dan memilih topik.

 

2) Tahap Perencanaan (Planning)

Tahap Planning atau tahap perencanaan tugas-tugas pembelajaran. Pada tahap ini siswa bersama-sama merencanakan tentang: (1) Apa yang mereka pelajari? (2) Bagaimana mereka belajar? (3) Siapa dan melakukan apa? (4) Untuk tujuan apa mereka menyelidiki topik tersebut?

Misalnya  pada topik Bahasan, Bila y = c maka y’= 0    dimana c konstanta, pada tahap ini: 1) siswa belajar tentang turunan fungsi yang nilainya konstan, 2) siswa belajar dengan menggali informasi, bekerjasama dan berdiskusi, 3) siswa membagi tugas untuk memecahkan masalah topik tersebut, mengumpulkan informasi, menyimpulkan hasil investigasi dan mempresentasikan di kelas, dan (4) siswa belajar untuk mengetahui sifat turunan fungsi aljabar yang bernilai konstan.

 

3) Tahap Penyelidikan (Investigation)

Tahap Investigation, yaitu tahap pelaksanaan proyek investigasi siswa. Pada tahap ini, siswa melakukan kegiatan sebagai berikut: 1) siswa mengumpulkan informasi, menganalisis data dan membuat simpulkan terkait dengan permasalahan-permasalahan yang diselidiki, 2) masing-masing anggota kelompok memberikan masukan pada setiap kegiatan kelompok, 3) siswa saling bertukar, berdiskusi, mengklarifikasi dan mempersatukan ide dan pendapat. Misalnya: 1) siswa menemukan cara-cara pembuktian sifat turunan fungsi aljabar yang bernilai konstan, 2) siswa mecoba cara-cara yang ditemukan dari hasil pengumuplan informasi terkait dengan topik bahasan yang diselidiki, dan 3) siswa berdiskusi, mengklarifikasi tiap cara atau langkah dalam pemecahan masalah tentang topik bahasan yang diselidiki.

 

4) Tahap Pengorganisasian (Organizing)

Yaitu tahap persiapan laporan akhir. Pada tahap ini kegiatan siswa sebagai berikut: 1) anggota kelompok menentukan pesan-pesan penting dalam proteknya masing-masing, 2)  anggota kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan dan bagaimana mempresentasikannya, 3) wakil dari masing-masing kelompok membentuk panitia diskusi kelas dalam presentasi investigasi.

Misalnya: 1) siswa menemukan bahwa turunan fungsi aljabar yang bernilai konstan nilainya adalah 0 jadi rumus yang diberikan terbukti, 2) siswa menemukan bahwa turunan fungsi aljabar yang bernilai konstan nilainya adalah 0 yang dibuktikan dengan definisi turunan dan limit fungsi, 3) siswa membagi tugas  sebagai pemimpin, moderator, notulis dalam presentasi investigasi.

5) Tahap Presentasi (Presenting)

Tahap presenting yaitu tahap penyajian laporan akhir. Kegiatan pembelajaran di kelas pada tahap ini adalah sebagai berikut: (1) penyajian kelompok pada keseluruhan kelas dalam berbagai variasi bentuk penyajian,  (2) kelompok yang tidak sebagai penyaji terlibat secara aktif sebagai pendengar, (3) pendengar mengevaluasi, mengklarifikasi dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap topik yang disajikan.  Misalnya: 1) siswa yang bertugas untuk mewakili kelompok menyajikan hasil atau simpulan dari investigasi yang telah dilaksanakan, 2) siswa yang tidak sebagai penyaji, mengajukan pertanyaan, saran tentang topik yang disajikan, 3) siswa mencatat topik yang disajikan oleh penyaji.

 

6) Tahap evaluasi (evaluating)

Pada tahap evaluating atau penilaian proses kerja dan hasil proyek siswa. Pada tahap ini, kegiatan guru atau siswa dalam pembelajaran sebagai berikut: 1) siswa menggabungkan masukan-masukan tentang topiknya, pekerjaan yang telah mereka lakukan, dan tentang pengalaman-pengalaman efektifnya, 2) guru dan siswa mengkolaborasi, mengevaluasi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan, 3) penilaian hasil belajar haruslah mengevaluasi tingkat pemahaman siswa. Misalnya: 1) siswa merangkum dan mencatat setiap topik yang disajikan, 2) siswa menggabungkan tiap topik yang diinvestigasi dalam kelompoknya dan kelompok yang lain, 3) guru mengevaluasi dengan memberikan tes uraian pada akhir siklus.

 

About these ads
Kategori:Pendidikan
  1. Alex
    Mei 6, 2008 pukul 12:02 pm | #1

    sistem PBM yang baik itu gimana ya pak guru ?

  2. Doantara yasa
    Mei 7, 2008 pukul 4:51 am | #2

    hmmm.. nurut saya PBM yang baik itu.. PBM yang baik untuk siswa, guru, Atasan, lembaga, pemerintah berdasarkan kaidah pendidikan.. hee

  3. Mei 20, 2008 pukul 11:12 am | #3

    carikan dong judul skripsi matematika

    Doantara Yasa:
    Trimakasi sebelumnya telah mampir… untuk judul skripsi si banyak mas. tergantung permasalahannya apa? skripsinya jenis apa?
    saya kasi yang PTK: Meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI melalui pendekatan pembelajaran kooperatif group investigation (GI).

  4. nofa
    Mei 22, 2008 pukul 12:17 pm | #4

    saya butuh lebih banyak tentang investigasi kelompok.bisa gak dicarikan tentang kelebihan dan kekurangannya??thanx b4

  5. Mei 24, 2008 pukul 3:00 pm | #5

    Judul aku sudah ada, yaitu “Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Koperatif Learning Tipe GI dengan yang tidak pada materi Turuna Fungsi Aljabar. pada siswa SMA jurusan IPS” .
    Tetapi aku kesulitan untuk menyusun skripsinya dan buku-buku mengenai hal itu tidak aku temui

  6. Mei 24, 2008 pukul 3:02 pm | #6

    Dan Tolong ya Pak, bagaimana cara pengolahan data dengan menggunakan SPSS


    Doantara Yasa:

    Mofon maaf, kondisi saya kurang bagus.. lg sakit pas baca komentar mas budi. Ini saya kasi link blog tempat belajar pengolahan data untuk skripsi kilik disini

    atau masud mas SPSS ( statistical package for social sciense) kilik disini

  7. ncy
    Mei 31, 2008 pukul 12:30 am | #7

    mohon maaf boleh tau kelebihan dan kekurangan pembelajarn kooperatif tipe GI itu apa ya?

    Doantara Yasa :
    Kelemahannya : Karena siswa bekerja secara kelompok dari tahap perencanaan sampai investigasi untuk menemukan hasil jadi metode ini sangat komplek, sehingga guru harus mendampingi siswa secara penuh agar mendapatkan hasil yang diinginkan.
    Kelebihannya : Metode ini mampu melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi.
    Mohon di cari lebih dalam lagi tentang kelemahan dan kekurangan kooperatif tipe GI ini.. semoga bermanfaat.. trims

  8. ASRI
    Juni 2, 2008 pukul 4:05 am | #8

    Maaf pak saya mau tanya,saya lagi cari macam-macam tipe belajar kooperatif itu apa saja??
    terus kalau pembelajaran kompetitif itu apa ya?? tolong dijelaskan juga. terimakasih banyak atas jawabannya. insyaAllah ini bermanfaat untuk saya.

    Doantara Yasa:
    Pembelajran kooperatif adalah pembelajaran kelompok. untuk lebih jelasnya silahakan baca disini
    Model kooperatif : ada GI, TGT, Jigsaw, nht dll

  9. Eva
    Juni 5, 2008 pukul 4:02 am | #9

    carikan donk judul skripsi tentang pendidikan ekonomi,PLEASE…….,thanks

  10. EVA
    Juni 6, 2008 pukul 3:10 am | #10

    maaf pak,saya lagi bingung cari judul skripsi.TOLONG carikan judul yang cocok untuk materi pendidikan ekonomi.Thanks

    Doantara Yasa:
    Aduch… maaf mbak eva, saya baru bisa balas komentarnya.. Tentang judul sekripsi, tergantung jenis penelitiannya apa? kalau yang lagi hangat-hangatnya model Class room action reset atau PTK. Kalau mw buat PTK, sekarang kira2 masalah apa yang dihadapi dalam pembelajaran ekonomi? baru bisa mencoba metode atau pemecahan masalah itu, dan hasilnya tergantung penelitian mbak.
    Kalau menurut saya kooperatif GI kayaknya terlalu ribet untuk pembelajaran ekonomi, yang lebih mudah dan efektif diterapkan untuk pembelajaran ekonomi adalah kooperatif Jigsaw (itu untuk sebangsa kooperatif) tapi ada yang lagi trend yang diterapkan guru yaitu pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Gini aja Saya kasi satu judul skripsi PTk yach.. “Meningkatkan minat, aktivitas, dan prestasi belajar siswa Kelas X SMA XXX melalui pendekatan konteksual”. Saya masih banyak kurangnya.. semoga ini bisa bermanfaat. trimakasih atas kunjungan dan komentarnya.

  11. Juni 11, 2008 pukul 1:32 pm | #11

    Pak..beberapa penelitian menunjukkan, penerapan kooperatif GI hanya acceptable bagi siswa SMA dan PT, untuk siswa SMP ke bawah hasilnya malah kacau…

    Baskoro Adi Prayitno
    http://www.baskoro1.blogspot.com
    http://www.baskoro-adi-prayitno.blogspot.com

  12. keukeu
    Oktober 29, 2008 pukul 10:33 am | #12

    saya lagi nyari judul ptk untuk bidang ekonomi. tadinya mau pake GI tapi barusan dapat masukan di ekonomi lebih tepat pake jigsaw, mohon info lebih lanjutnya pak..

  13. ReRe
    November 4, 2008 pukul 7:49 am | #13

    mas,, sebenarnya saya sedang mencari tulisan seputar “tipe-tipe kegiatan belajar masyarakat”.
    Berhubung karna tulisan mas dahulu yang saya dapat, jadi numpang tanya sekalian deh ya??
    apakah tipe GI ini dapat digunakan pada program pembelajaran masyarakat?
    Sebelum N sesudahnya
    Trima Kasih, mas!

  14. rea,
    November 21, 2008 pukul 9:14 am | #14

    tolong donk kasih contoh soal yang pake investigasi

    kalo untuk materi turunan fungsi aljabar bisa ga ya pake investigasi????

  15. aniz
    Desember 24, 2008 pukul 2:12 pm | #15

    Maz kalau judul skripsi Penerapan pembelajaran matematika model group investigation dalam upaya meningkatkan kemampuan procedural fluency (PTk….).Menurut Maz gimana???. Pendapat Maz Procedural fluency itu apa? Tolong dibalez ya

  16. diandra
    Januari 21, 2009 pukul 1:09 pm | #16

    mohon maaf, saya mau menanyakan, kira – kira GI mudah diterapkan dalam pembelajaran matematika gak ya????
    trus kalau tidak cocok kira2 yg cocok apa ya???soalnya saya mau buat judul skripsi perbandingan ataupun pengaruh, tapi kok bingung ya???
    mohon bantuannya……….
    makasih….

  17. Maret 3, 2009 pukul 3:15 am | #17

    sir, bgmn penerapan model ini dalam matematika mengingat dalam matematika materinya sudah terstruktur, siswa harus menguasai materi a dulu baru bisa mampelajari materi b, sedangkan dalam model pemb. ini siswa sendiri yang memilih bahasan apa yang akan mereka selidiki dari pokok bahasan yang ditetapkan guru. still confused sir!

  18. herni
    April 20, 2009 pukul 1:45 pm | #18

    Sir, klu bwt sswa SMP model pembelajaran apa yg lbh comfort utk mapel IPS

  19. herni
    April 20, 2009 pukul 1:50 pm | #19

    Coz saya mo bwt PTK. Trus klu bwt siswa SD, model pembelajaran GI utk mapel IPA, bgsnya judul nya apa ya, soalnya ada tmn yang lg bingung nyari judul skripsi ttg itu. makasih…

  20. rina
    April 24, 2009 pukul 1:32 pm | #20

    tolong berikan kelemahan dan kelebihan pembelajaran kooperatif jenis kepala bernomor terstruktur?
    terima kasih

  21. SURYA
    Mei 15, 2009 pukul 7:38 am | #21

    Selamat siang pak,
    Saya sedang menyusun skripsi, tapi saya bingung tentang pembelajaran kooperatif teknik three-minute review. tolong jelaskan teknik tersebut.
    ada tidak buku tentang penjelasa teknik tersebut. kalau ada tolong referensi jdul buku dan pengarangnya.
    terima kasih sebelumnya.

  22. purwani
    Juni 1, 2009 pukul 9:48 am | #22

    Pak,GI untuk matematika bisa gk ya?????terutama untuk kelas 4 SD

  23. MARISA
    Juni 3, 2009 pukul 12:36 pm | #23

    BAPAK, SAYA SEKARANG LAGI NYUSUN SKRIPSI TOLONG SAYA APA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI KOOPERATIF TIFE INVESTIGASI

  24. nia
    Juni 14, 2009 pukul 12:25 am | #24

    pak, tolong beri penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan beserta langkah-langkah pembelajaran kooperatif model learning together

  25. nia
    Juni 14, 2009 pukul 12:26 am | #25

    pak, tolong beri penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan beserta langkah-langkah pembelajaran kooperatif model learning together.lengkap ya pak.terima kasih..

  26. MARISA
    Juli 4, 2009 pukul 2:30 pm | #26

    pak,mint tolong saya skr lg nyusun skripsi judulnya tentang GI terus saya ngambil materi statistik.saya bingung gmn cara menerapkan nya???

  27. deo
    Agustus 10, 2009 pukul 1:45 pm | #27

    mas, punya jurnal tentang model kooperatif group investigation ga?

  28. Agustus 29, 2009 pukul 4:46 am | #28

    Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yg memperhatikan kompetensi personal dan sosial, selain kompetensi akademik.
    Perlu tuh buat ngedidik anak-anak bangsa ini, biar jadi pemimpin yg berintelegensi intra dan ekstra personal yg baik.

  29. ningsih
    Oktober 6, 2009 pukul 4:11 am | #29

    tlg dong carikan judul skripsi bimbingan konseling…

  30. noe-noe
    Oktober 28, 2009 pukul 1:12 pm | #30

    makasih ya………………………………….
    semoga amal nya di terima oleh tuhan yang maha kuasa. amien…………..
    insyaAllah dengan ini ibuku bisa wisuda

  31. Oktober 29, 2009 pukul 7:22 am | #31

    pak minta tolong saya sekarang mau buat PTK bhs idonesia klas VI materi mengubah puisi menjadi prosa, bagaimana judul yang tepat?. dengan metode/model pembelajaran apa yang tepat?

  32. ROSY
    November 14, 2009 pukul 5:23 pm | #32

    Pak Yasa, Saat ini saya sedang menyusun skripsi dengan judul PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAPAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKN KELAS IV SEMESTER I SDN II BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TAHUN PELAJARAN 2009-2010, saat ini saya sedang menyusun bab II kajian pustaka, mohon bantuan untuk literature penunjang tentang GI, terima kasih atas informasinya.

  33. endra_beh
    November 19, 2009 pukul 5:32 am | #33

    pak tolong disebutkan kelemahan dan kekurangan Tipe GI

  34. endra_beh
    November 19, 2009 pukul 5:33 am | #34

    1 lagi pak ciri-cirinya lg….

  35. abill
    Desember 11, 2009 pukul 4:09 pm | #35

    pak,,,, saya lagi bingung cari judul skripsi yang cocok untuk PTK pelajaran kimia pada pokok bahasan hidrolisis,,,,,,,,,,,, tolong pak ya kasi solusiiii!!!!!! thx abill aceh

  36. muhammad
    Desember 16, 2009 pukul 4:45 am | #36

    ass………..
    saya mau tau tentang model pembelajaran berbasis masalah, jadi klw bisa tuliskan tentang konsepnya dan bagaimana penerapannya terutama pada bidang studi fisika
    terima kasih

  37. siti supartini
    Januari 14, 2010 pukul 4:04 am | #37

    selamat siang pak..
    mohon bantuannya, saya sedang bingung mencari model pembelajaran yang tepat untuk PTK mata pelajaran ipa (biologi) smp. dosen pembimbing menyarankan model pembelajran kooperatif tipe three minutes review, tetapi saya kesulitan mencari sumbernya. mohon saran dan arahannya. terimakasih

  38. kasghani
    Januari 18, 2010 pukul 1:28 am | #38

    pak ku minta tolong beri tahu materi matematika apa aja yang cocok buat diterapkan dengan tipe GI….ples…..ni buat skripsiku

  39. Rara
    Februari 24, 2010 pukul 12:38 am | #39

    pa kalo model Kooperatif GI pada biologi boleh ga???tlg kasi 1 cnth judul skripsinya…

  40. Februari 28, 2010 pukul 9:29 am | #40

    Terima kasih atas artikelnya, sangat berharga buat saya yang akan menyusun usulan prposal PTK ke LPMP Kalimantan Selatan. Salam dari guru Kimia SMAN 1 Anjir Pasar.

  41. atih
    Maret 1, 2010 pukul 7:55 am | #41

    pa, tolong buatin judul PTK yang berhubungan dengan tipe GI ini dengan pembahasan ciri-ciri mahluk hidup
    makasih

  42. Galih AmRo
    Maret 10, 2010 pukul 8:42 pm | #42

    mau tanya apa bedanya Project Based Learning dng GI???

  43. husin
    April 7, 2010 pukul 3:09 am | #43

    aku lagi mencari kelemahan dan kelebihan model pembelajaran group investigation dan CIRC. ada yang bisa bantu?
    mungkin ada yang tau aku bisa dapat di bukuny siapa gitu.maksaih….

  44. hudi antoro
    Mei 5, 2010 pukul 4:14 am | #44

    pak ,nih saya lg ngerjakan skripsi tentang GI tapi saya terapkan di SMK yang kopetensinya bikin suatu produk,kira2 isa gk ya?makasih

  45. Mei 15, 2010 pukul 1:00 pm | #45

    Makasih atas artikelnya. Moga PTK yang akan saya lakukan berjalan lancar.

  46. evi
    Juni 19, 2010 pukul 11:22 am | #46

    makaci artikelnya ,, sangat membantu,,

    knpa penerapan kooperatif tipe GI susah wat mata pelajaran ekonomi?

  47. rosiana
    Agustus 25, 2010 pukul 2:30 pm | #47

    pak….skripsiku pke grup investigai kooperatif, boleh minta refrensi? buku Asthika tu cocok, kira2 carinya dmn ya?
    mohon bantuan diberi rfrensi yang pas dong.
    mkasih…utk rfrensi bukunya balas di email ya pak

  48. diah
    Agustus 25, 2010 pukul 9:33 pm | #48

    ass. pak saya boleh minta cobtoh lembar obeservasi buat GI ga?. indah

  49. sono
    Februari 21, 2011 pukul 3:03 pm | #49

    Jika bapa berkenan, saya mohon bapa menyebutkan buku rujukan untuk Group Investigation

    terima kasih

  50. ayu
    Mei 12, 2011 pukul 9:51 pm | #50

    trimakasih banyak……………… sangat membantu saya

  51. depe
    Juni 2, 2011 pukul 1:24 am | #51

    pak saya mau judull skripsi klo bsa sih yang banyak spaya ada pilihannya makasihh..
    jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan

  52. piia
    Juni 21, 2011 pukul 9:29 am | #52

    bisa tolong kasih contoh soalnya ga? trims

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: