Beranda > Pendidikan > Metode Pembelajaran Kooperatif

Metode Pembelajaran Kooperatif

Menurut Slavin  pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok -kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk memahami konsep yang difasilitasi oleh guru. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran dengan setting kelompok-kelompok kecil dengan memperhatikan keberagaman anggota kelompok sebagai wadah siswa bekerjasama dan memecahkan suatu masalah melalui interaksi sosial dengan teman sebayanya, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan dan ia menjadi narasumber bagi teman yang lain. Jadi Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif memiliki ciri-ciri: 1) untuk menuntaskan materi belajarnya, siswa belajar  dalam kelompok secara kooperatif, 2) kelompok dibentuk dari siswa-siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah, 3) jika dalam kelas terdapat siswa-siswa yang terdiri dari beberapa ras, suku, budaya jenis kelamin yang berbeda, maka diupayakan agar dalam tiap kelompok terdiri dari ras, suku, budaya, jenis kelamin yang berbeda pula, dan 4) penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok dari pada perorangan.

Dalam pembelajaran kooperatif, dua atau lebih individu saling tergantung satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan bersama. Menurut Ibrahim dkk.  siswa yakin bahwa tujuan mereka akan tercapai jika dan hanya jika siswa lainnya juga mencapai tujuan tersebut. Untuk itu setiap anggota berkelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya. Siswa yang bekerja dalam situasi pembelajaran kooperatif didorong untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama dan mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugasnya.

Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting. Menurut Depdiknas tujuan pertama pembelajaran kooperatif, yaitu meningkatkan hasil akademik, dengan meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademiknya. Siswa yang lebih mampu akan menjadi nara sumber bagi siswa yang kurang mampu, yang memiliki orientasi dan bahasa yang sama. Sedangkan tujuan yang kedua, pembelajaran kooperatif memberi peluang agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar belajar. Perbedaan tersebut antara lain perbedaan suku, agama, kemampuan akademik, dan tingkat sosial. Tujuan penting ketiga dari pembelajaran kooperatif ialah  untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan sosial yang dimaksud antara lain, berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya.

Menurut Ibrahim, dkk. pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang positif untuk siswa yang hasil belajarnya rendah sehingga mampu memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Cooper mengungkapkan keuntungan dari metode pembelajaran kooperatif, antara lain: 1) siswa mempunyai tanggung jawab dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, 2) siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, 3) meningkatkan ingatan siswa, dan 4) meningkatkan kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran.

Menurut Ibrahim, unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif sebagai berikut: 1) siswa dalam kelompok haruslah beranggapan bahwa mereka sehidup sepenanggungan bersama, 2) siswa bertanggung jawab atas segala sesuatu didalam kelompoknya, 3) siswa haruslah melihat bahwa semua anggota didalam kelompoknya memiliki tujuan yang sama, 4) siswa haruslah membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya, 5) siswa akan dikenakan evaluasi atau diberikan penghargaan yang juga akan dikenakan untuk semua anggota kelompok, 6) siswa berbagi kepemimpinan dan mereka membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya, dan 7) siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara  individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.

Lebih lengkapnya ada bisa download disini Metode Pembelajaran Kooperatif.doc

About these ads
  1. Leni Rezi
    Desember 28, 2008 pukul 10:21 am | #1

    ad informasi tentang pembelajaran kooperatif tipe Learning Together?
    Trus ad junal tentang “Jurnal of Research Educations”?
    Cari dimana y…??
    Bantuin dunks…..

  2. sugiyono
    April 3, 2009 pukul 4:01 am | #2

    saya tertarik dengan media pembelajaran ini .
    tolong kirimi filenya ke imel saya

  3. erni
    April 6, 2009 pukul 2:05 am | #3

    saya butuh daftar pustaka tentang pembelajaran kelompok. tlong di kirimi donk…?
    atau klo punya nama situs web,dimana carinya?

  4. April 6, 2009 pukul 6:04 am | #4

    Apakah pembelajaran interdisipliner partisipatori dapat diterapkan dengan kooperatif learning?

  5. Aa_Q
    April 13, 2009 pukul 2:22 am | #5

    thanks so much….!!!

  6. rosita
    Mei 4, 2009 pukul 10:25 am | #6

    thank’s

  7. dameita
    Juni 3, 2009 pukul 5:21 am | #7

    kirimin tehnik think-pair-share

    pli

  8. galih
    Juni 3, 2009 pukul 11:56 am | #8

    ad informasi tentang metode EPA (eksplorasi pengenalan dan aplikasi konsep)?
    kalo ada tolong dikirim ya..
    atau klo punya nama situs web, tolong dimana carinya?
    thanks

  9. ara
    Juni 8, 2009 pukul 4:21 am | #9

    artikelnya keren, bs djdkan smber. but, help me please.tlg carikn skripsi or jurnal, pokoke penelitian yang berkaitan dg cooperative learning, kl bs dlm pembelajaran PAI. slhkan krm ke e-mail sya: wazajal@yahoo.co.id
    thnks b4

  10. riska arianti
    Juni 12, 2009 pukul 2:22 am | #10

    saya butuh referensi buku tentang model pembelajaran kooperatif. tlng krim k email aq y…. please…T4U

  11. Entha Endalia
    Juni 17, 2009 pukul 4:25 am | #11

    tolong kasi info donk ttd pembelajaran kooperatif tipe structure dyadic?

  12. merry
    Juli 26, 2009 pukul 4:51 am | #12

    aq bth dftr pstka ttg tipe jigsaw…plizzz.

  13. marlin dini atika
    Agustus 11, 2009 pukul 10:58 am | #13

    terimakasih sebelumnya karena saya mengambil artikel ini untuk bahan tesis saya tanpa memberitahu dahulu

  14. andi
    September 30, 2009 pukul 5:39 am | #14

    mas minta artikelnya dong mengenai pembelajaran kooperatif tipe TPS dan Jigsaw khususnya matpel matematika!!! thanks

  15. Oktober 12, 2009 pukul 12:37 am | #15

    tolong kirimkan buku-buku referensi tentang pembelajaran kooperatif.
    thanks……….

  16. fahmi faizal nugraha
    Oktober 25, 2009 pukul 12:42 pm | #16

    bagus jg tp kurang dicantumkan referensinya..jd ni sulit bgt klo dijadikan artikel..hanya terkesan sebagai pendapat..tp trima kasih jg udah memberikan gambaran tentang pemb koop

  17. Desember 12, 2009 pukul 8:10 pm | #17

    siap bos

  18. Desember 12, 2009 pukul 8:11 pm | #18

    langganan bos

  19. eka
    Februari 5, 2010 pukul 3:23 am | #19

    mas, butuh bantuan nich…. ada artikel tentang kooperatif tipe Jigsaw ne???????????

    buku referensinya juga ya………………….

  20. eka
    Februari 5, 2010 pukul 3:32 am | #20

    bagus banget artikelny,,,,,,,,,,,,,
    ada artikel tentang jigsaw???????????
    model pembelajran kooperatif tipe apa ya,,,,,,, yang mudah diterapkan pada semua mata pelajran,,,,,,,,,,,,,,,,
    thank u………

  21. euis.ratna mulyati
    Februari 14, 2010 pukul 10:33 am | #21

    Tolong kirim teknik-teknik supervisi klinis dan supervisi akademis

  22. asrianti tiah
    Maret 1, 2010 pukul 12:39 pm | #22

    tlg krimkan materi atau buku tentang keliling kelas scepatnya ya, soalnya sy btuh tmbahan materi untuk skripsi sy…
    jgn lupa sama sama daftar pustakanya, tlg krim d email sya. terima kasih sblumnya…

  23. YeNty
    April 27, 2010 pukul 6:24 am | #23

    tolong kirim ke emai saya mengenai metode pembelajaran kooperatif, beserta langkah – langkah , keunggulan dari metode itu, karena saya butuh referensi untuk skripsi saya ,
    thanks before

  24. YeNty
    April 27, 2010 pukul 6:26 am | #24

    tolong kirim ke email saya mengenai metode pembelajaran kooperatif, beserta langkah – langkah , keunggulan dari metode itu, karena saya butuh referensi untuk skripsi saya ,
    thanks before

  25. bagus
    Mei 1, 2010 pukul 1:36 pm | #25

    bisa g ya saya minta tolong dikirimin file2 tentang buku yang inovatif dalam pembelajaran

  26. dinot
    Mei 18, 2010 pukul 10:25 pm | #26

    tlg kirimi e mail saya model CIRC bwt referensi skripsi,butuh skali nie tq before….

  27. Mei 31, 2010 pukul 10:29 am | #27

    saya sangat tertarik dengan penerapan pembelajaran cooperatif ini karena selain bisa memngembangkan daya pikir pelajar akan tetapi juga dapat membuat anak didik mudah memahami konsep2 yang di anggap sulit dan saya udh perna mencoba menerapkan sekilas dan ternyata hasilnya muuuuuaaaantap. ko boleh kirimkan sayalah artikel yang lengkap lewat e mail y…. dinara_sfn87@YAHOO.COM. OK TQ Y

  28. apriyan
    September 27, 2010 pukul 1:27 am | #28

    makasih atas ilmunya, bisa menambabah pengetahuan saya.

  29. wayan
    Oktober 11, 2010 pukul 12:24 am | #29

    dalam penerapanx…di pembelajaran kooparatif,banxak hal yang kita tahu.dan kita tahu bgamna.belajar yang sesunguhnya sya sendiri jga bingung,di saat guru mnjelaskan mngunaka pmblajrn yg Cooparatif itu bagaimana,stlah aq bx mncri tw…dan aq tmkan terxata aq bsa kmbangakn sndri,,,,trma kasih atas petunjuknya..k.lw bx info2 tlng krm ke email.wayansuarta37@yahoo.co.id….

  30. yeva olensia
    Oktober 15, 2010 pukul 5:29 am | #30

    tolong kirim ke email saya tentang metoda pembelajaran kooperatif yang terbaru…..makasih byk…

  31. nur azizah
    Oktober 22, 2010 pukul 5:46 am | #31

    bagus bgt isinya sangat bermanfaat, apakah bisa diterapkan dalam bahasa inggris. pada reading skill?tipe apa yang cocok….
    thank you before

  32. Desember 5, 2010 pukul 2:00 am | #32

    izin mengutip sebagian isi artikel ini untuk bahan postingan di blog saya
    salam pendidikan

  33. lia
    Maret 6, 2011 pukul 12:59 am | #33

    apa metode ini sangat bagus tuk terapkan dalam cerpen????
    kirimin jg langkah2 penerapannya,keunggulan n bl ad kelebihan jg….coz tuk refrensi skripsi na…thank…

  34. lia
    Maret 6, 2011 pukul 12:59 am | #34

    lia :
    apa metode ini sangat bagus tuk terapkan dalam cerpen????
    kirimin jg langkah2 penerapannya,keunggulan n bl ad kelebihan jg….coz tuk refrensi skripsi na…thank…

    ke imail saya thanks

  35. reno
    April 5, 2011 pukul 5:40 am | #35

    mantap pembahasannya…

  36. edy
    April 29, 2011 pukul 5:46 am | #36

    boleh tau pustakanya Ga,,???’ato situs yang khusus untuk pembelajaran kooperatif,,,mkasi,,,,

  37. fafa
    Mei 4, 2011 pukul 2:20 am | #37

    tolong bantuannya model pembelajaran ap yang cocok buat anak sd kelas 5 dengan materi bangun datar

  38. Mei 15, 2011 pukul 10:06 am | #38

    Saya lagi pengen tahu informasi ini…
    terima kasih…

  39. fahmi
    Mei 19, 2011 pukul 1:38 pm | #39

    tolong kirim dong!!!! model pembelajaran kooperatif yang terbaru ke email saya….

  40. Mei 22, 2011 pukul 12:48 pm | #40

    artikelnya memberi pengetahuan baru ttg pembelajaran kooperatif buat sya.. terimksih

  41. April 17, 2012 pukul 7:39 am | #41

    terimakasih ya, lumayan nambahin info buat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ku. ^_^

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: