Metode Pembelajaran Kooperatif
Menurut Slavin pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok -kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk memahami konsep yang difasilitasi oleh guru. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran dengan setting kelompok-kelompok kecil dengan memperhatikan keberagaman anggota kelompok sebagai wadah siswa bekerjasama dan memecahkan suatu masalah melalui interaksi sosial dengan teman sebayanya, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan dan ia menjadi narasumber bagi teman yang lain. Jadi Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif memiliki ciri-ciri: 1) untuk menuntaskan materi belajarnya, siswa belajar dalam kelompok secara kooperatif, 2) kelompok dibentuk dari siswa-siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah, 3) jika dalam kelas terdapat siswa-siswa yang terdiri dari beberapa ras, suku, budaya jenis kelamin yang berbeda, maka diupayakan agar dalam tiap kelompok terdiri dari ras, suku, budaya, jenis kelamin yang berbeda pula, dan 4) penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok dari pada perorangan.
Dalam pembelajaran kooperatif, dua atau lebih individu saling tergantung satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan bersama. Menurut Ibrahim dkk. siswa yakin bahwa tujuan mereka akan tercapai jika dan hanya jika siswa lainnya juga mencapai tujuan tersebut. Untuk itu setiap anggota berkelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya. Siswa yang bekerja dalam situasi pembelajaran kooperatif didorong untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama dan mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugasnya.
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting. Menurut Depdiknas tujuan pertama pembelajaran kooperatif, yaitu meningkatkan hasil akademik, dengan meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademiknya. Siswa yang lebih mampu akan menjadi nara sumber bagi siswa yang kurang mampu, yang memiliki orientasi dan bahasa yang sama. Sedangkan tujuan yang kedua, pembelajaran kooperatif memberi peluang agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar belajar. Perbedaan tersebut antara lain perbedaan suku, agama, kemampuan akademik, dan tingkat sosial. Tujuan penting ketiga dari pembelajaran kooperatif ialah untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan sosial yang dimaksud antara lain, berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya.
Menurut Ibrahim, dkk. pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang positif untuk siswa yang hasil belajarnya rendah sehingga mampu memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Cooper mengungkapkan keuntungan dari metode pembelajaran kooperatif, antara lain: 1) siswa mempunyai tanggung jawab dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, 2) siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, 3) meningkatkan ingatan siswa, dan 4) meningkatkan kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran.
Menurut Ibrahim, unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif sebagai berikut: 1) siswa dalam kelompok haruslah beranggapan bahwa mereka sehidup sepenanggungan bersama, 2) siswa bertanggung jawab atas segala sesuatu didalam kelompoknya, 3) siswa haruslah melihat bahwa semua anggota didalam kelompoknya memiliki tujuan yang sama, 4) siswa haruslah membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya, 5) siswa akan dikenakan evaluasi atau diberikan penghargaan yang juga akan dikenakan untuk semua anggota kelompok, 6) siswa berbagi kepemimpinan dan mereka membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya, dan 7) siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Lebih lengkapnya ada bisa download disini Metode Pembelajaran Kooperatif.doc
ad informasi tentang pembelajaran kooperatif tipe Learning Together?
Trus ad junal tentang “Jurnal of Research Educations”?
Cari dimana y…??
Bantuin dunks…..
saya tertarik dengan media pembelajaran ini .
tolong kirimi filenya ke imel saya
saya butuh daftar pustaka tentang pembelajaran kelompok. tlong di kirimi donk…?
atau klo punya nama situs web,dimana carinya?
Apakah pembelajaran interdisipliner partisipatori dapat diterapkan dengan kooperatif learning?
thanks so much….!!!
thank’s
kirimin tehnik think-pair-share
pli
ad informasi tentang metode EPA (eksplorasi pengenalan dan aplikasi konsep)?
kalo ada tolong dikirim ya..
atau klo punya nama situs web, tolong dimana carinya?
thanks
artikelnya keren, bs djdkan smber. but, help me please.tlg carikn skripsi or jurnal, pokoke penelitian yang berkaitan dg cooperative learning, kl bs dlm pembelajaran PAI. slhkan krm ke e-mail sya: wazajal@yahoo.co.id
thnks b4
saya butuh referensi buku tentang model pembelajaran kooperatif. tlng krim k email aq y…. please…T4U
tolong kasi info donk ttd pembelajaran kooperatif tipe structure dyadic?
aq bth dftr pstka ttg tipe jigsaw…plizzz.
terimakasih sebelumnya karena saya mengambil artikel ini untuk bahan tesis saya tanpa memberitahu dahulu
mas minta artikelnya dong mengenai pembelajaran kooperatif tipe TPS dan Jigsaw khususnya matpel matematika!!! thanks
tolong kirimkan buku-buku referensi tentang pembelajaran kooperatif.
thanks……….
bagus jg tp kurang dicantumkan referensinya..jd ni sulit bgt klo dijadikan artikel..hanya terkesan sebagai pendapat..tp trima kasih jg udah memberikan gambaran tentang pemb koop
siap bos
langganan bos
mas, butuh bantuan nich…. ada artikel tentang kooperatif tipe Jigsaw ne???????????
buku referensinya juga ya………………….
bagus banget artikelny,,,,,,,,,,,,,
ada artikel tentang jigsaw???????????
model pembelajran kooperatif tipe apa ya,,,,,,, yang mudah diterapkan pada semua mata pelajran,,,,,,,,,,,,,,,,
thank u………
Tolong kirim teknik-teknik supervisi klinis dan supervisi akademis
tlg krimkan materi atau buku tentang keliling kelas scepatnya ya, soalnya sy btuh tmbahan materi untuk skripsi sy…
jgn lupa sama sama daftar pustakanya, tlg krim d email sya. terima kasih sblumnya…
tolong kirim ke emai saya mengenai metode pembelajaran kooperatif, beserta langkah – langkah , keunggulan dari metode itu, karena saya butuh referensi untuk skripsi saya ,
thanks before
tolong kirim ke email saya mengenai metode pembelajaran kooperatif, beserta langkah – langkah , keunggulan dari metode itu, karena saya butuh referensi untuk skripsi saya ,
thanks before
bisa g ya saya minta tolong dikirimin file2 tentang buku yang inovatif dalam pembelajaran
tlg kirimi e mail saya model CIRC bwt referensi skripsi,butuh skali nie tq before….
saya sangat tertarik dengan penerapan pembelajaran cooperatif ini karena selain bisa memngembangkan daya pikir pelajar akan tetapi juga dapat membuat anak didik mudah memahami konsep2 yang di anggap sulit dan saya udh perna mencoba menerapkan sekilas dan ternyata hasilnya muuuuuaaaantap. ko boleh kirimkan sayalah artikel yang lengkap lewat e mail y…. dinara_sfn87@YAHOO.COM. OK TQ Y
makasih atas ilmunya, bisa menambabah pengetahuan saya.
dalam penerapanx…di pembelajaran kooparatif,banxak hal yang kita tahu.dan kita tahu bgamna.belajar yang sesunguhnya sya sendiri jga bingung,di saat guru mnjelaskan mngunaka pmblajrn yg Cooparatif itu bagaimana,stlah aq bx mncri tw…dan aq tmkan terxata aq bsa kmbangakn sndri,,,,trma kasih atas petunjuknya..k.lw bx info2 tlng krm ke email.wayansuarta37@yahoo.co.id….
tolong kirim ke email saya tentang metoda pembelajaran kooperatif yang terbaru…..makasih byk…
bagus bgt isinya sangat bermanfaat, apakah bisa diterapkan dalam bahasa inggris. pada reading skill?tipe apa yang cocok….
thank you before
izin mengutip sebagian isi artikel ini untuk bahan postingan di blog saya
salam pendidikan
apa metode ini sangat bagus tuk terapkan dalam cerpen????
kirimin jg langkah2 penerapannya,keunggulan n bl ad kelebihan jg….coz tuk refrensi skripsi na…thank…
ke imail saya thanks
mantap pembahasannya…
boleh tau pustakanya Ga,,???’ato situs yang khusus untuk pembelajaran kooperatif,,,mkasi,,,,
tolong bantuannya model pembelajaran ap yang cocok buat anak sd kelas 5 dengan materi bangun datar
Saya lagi pengen tahu informasi ini…
terima kasih…
tolong kirim dong!!!! model pembelajaran kooperatif yang terbaru ke email saya….
artikelnya memberi pengetahuan baru ttg pembelajaran kooperatif buat sya.. terimksih
terimakasih ya, lumayan nambahin info buat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ku. ^_^