Beranda > Pendidikan > TEORI KOGNITIF

TEORI KOGNITIF

1.  Teori Belajar Piaget

Piaget merupakan salah satu pioner konstruktivis, ia berpendapat bahwa anak membangun sendiri pengetahuannya dari pengalamannya sendiri dengan lingkungan. Dalam pandangan Piaget, pengetahuan datang dari tindakan, perkembangan kognitif sebagian besar bergantung kepada seberapa jauh anak aktif memanipulasi dan aktif berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam hal ini  peran guru adalah sebagai fasilitator dan buku sebagai pemberi informasi.

Piaget menjabarkan implikasi teori kognitif pada pendidikan yaitu 1) memusatkan perhatian kepada cara berpikir atau proses mental anak, tidak sekedar kepada hasilnya. Guru harus memahami proses yang digunakan anak sehingga sampai pada hasil tersebut. Pengalaman – pengalaman belajar yang sesuai dikembangkan dengan memperhatikan tahap fungsi kognitif dan jika guru penuh perhatian terhadap Pendekatan yang digunakan siswa untuk sampai pada kesimpulan tertentu, barulah dapat dikatakan guru berada dalam posisi memberikan pengalaman yang dimaksud, 2) mengutamakan peran siswa dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar. Dalam kelas, Piaget menekankan bahwa pengajaran pengetahuan jadi ( ready made knowledge ) anak didorong menentukan sendiri pengetahuan itu melalui interaksi spontan dengan lingkungan, 3) memaklumi akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan. Teori Piaget mengasumsikan bahwa seluruh siswa tumbuh dan melewati urutan perkembangan yang sama, namun pertumbungan itu berlangsung pada kecepatan berbeda. Oleh karena itu guru harus melakukan upaya untuk mengatur aktivitas di dalam kelas yang terdiri dari individu – individu ke dalam bentuk kelompok – kelompok kecil siswa daripada aktivitas dalam bentuk klasikal, 4) mengutamakan peran siswa untuk saling berinteraksi. Menurut Piaget, pertukaran gagasan – gagasan tidak dapat dihindari untuk perkembangan penalaran. Walaupun penalaran tidak dapat diajarkan secara langsung, perkembangannya dapat disimulasi.

 

2. Teori Belajar Vygostky

            Tokoh kontruktivis lain adalah Vygotsky. Sumbangan penting teori Vygotsky adalah penekanan pada hakekatnya pembelajaran sosiokultural. Inti teori Vygotsky adalah menekankan interaksi antara aspek “internal” dan “eksternal” dari pebelajaran dan penekanannya pada lingkungan sosial pebelajaran. Menurut teori Vygotsky, fungsi kognitif berasal dari interaksi sosial masing – masing  individu dalam konsep budaya. Vygotsky juga yakin bahwa pembelajaran terjadi saat siswa bekerja menangani tugas – tugas yang belum dipelajari namun tugas- tugas itu berada dalam “zone of proximal development” mereka. Zone of proximal development adalah jarak antara tingkat perkembangan sesungguhnya yang ditunjukkan dalam kemampuan pemecahan masalah secara mandiri  dan tingkat kemampuan perkembangan potensial yang ditunjukkan dalam kemampuan pemecahan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih mampu.

Teori Vygotsky yang lain adalah “scaffolding“. Scaffolding adalah memberikan kepada seseorang anak sejumlah besar bantuan selama tahap – tahap awal pembelajaran dan kemudian mengurangi bantuan tersebut dan memberikan kesempatan kepada anak tersebut mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar segera setelah ia mampu mengerjakan sendiri. Bantuan yang diberikan guru dapat berupa petunjuk, peringatan, dorongan menguraikan masalah ke dalam bentuk lain yang memungkinkan siswa dapat mandiri.

Vygotsky menjabarkan implikasi utama teori pembelajarannya yaitu 1) menghendaki setting kelas kooperatif, sehingga siswa dapat saling berinteraksi dan saling memunculkan strategi – strategi pemecahan masalah yang efektif dalam masing – masing zone of proximal development  mereka; 2) Pendekatan Vygotsky dalam pembelajaran menekankan scaffolding. Jadi teori belajar Vygotsky adalah salah satu teori belajar sosial sehingga sangat sesuai dengan model pembelajaran kooperatif karena dalam model pembelajaran kooperatif terjadi interaktif sosial yaitu interaksi antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru dalam usaha menemukan konsep – konsep dan pemecahan masalah.

Artikel lengkap bisa anda download disini TEORI KOGNITIF.doc

About these ads
  1. Hanifa
    Mei 12, 2008 pukul 12:15 am

    thanks pak Putu atas artikelnya tentang pendidikan …sangat bermanfaat bagi pembaca.

    Doantara Yasa:
    sama-sama nifa… dengan segala keterbatasan, cuma bisa berbagi segitu aja..

  2. asuna17
    Mei 12, 2008 pukul 4:37 am

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/teori_kognitif

  3. Juni 20, 2008 pukul 7:54 am

    kok takda referensinya yaaa….
    ini sebuah intisari(di sarikan dari buku apa….gthuu) buku atau sebuah katakanlah-sebuah penelitian…..
    agar jelas…..konsepnya

  4. yogi firmansyah
    September 13, 2008 pukul 7:02 am

    minta’ materi tentang tipe STAD nya Slv
    ain

  5. Oktober 22, 2008 pukul 6:44 am

    bisa gak dicarikan pengertian tentang akal? atau pemikiran?

    trimakasih ya

  6. Biyu_bungas
    November 25, 2008 pukul 4:03 am

    bagaimana aplikasi teori kognitiF dalam pembelajaran?

  7. nia.
    Desember 2, 2008 pukul 8:03 am

    makasih atas artikelx

  8. yatee
    Januari 26, 2009 pukul 4:55 am

    bagaiman aplikasi teori vygotsky kepada guru??boleh explain

  9. haris-Jogja
    Februari 13, 2009 pukul 1:37 am

    sip!!!. makasih mas,…. tilisannya bagus-bagus, ada yang baru lagi ndak ya….semoga bermanfaat terus ya mas…

  10. agung w
    Februari 20, 2009 pukul 3:39 am

    tulisannya bagus tetapi itu berdasarkan keadaan yang ada kan?
    saya boleh minta file tentang rpp dan silabus yang menggunakan model jigsaw?
    terimakasih

  11. widia lestari
    Februari 26, 2009 pukul 6:37 am

    pak…klo saya mo meneliti sikap wartawan terhadap kode etik jurnalistik saya harus paka teori pa yeah pak? makasi sebelumnya pak..

  12. flora
    Maret 15, 2009 pukul 7:02 am

    amat bagus sekali nota anda ini…teruskan usaha…

  13. flora
    Maret 15, 2009 pukul 7:03 am

    apakah teori yang sesuai untuk saya gunakan bagi mengkaji dialek seseorang

  14. C'Ha
    Maret 19, 2009 pukul 10:28 am

    TEORI INI BAGAUS TAPI MENURUT SAYA BELUM BISA KITA PEDOMANI UNTUK SEMUA KALANGAN

  15. zulwan fahmi
    April 21, 2009 pukul 2:58 pm

    bagaimana penerapan teori kognitif dalam pembelajarn

  16. endah
    Mei 12, 2009 pukul 2:16 pm

    artikel ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas.terimakasih buuuuuuuanyak.

  17. ono
    Juni 13, 2009 pukul 7:23 am

    bagaimana dengan long time memory and short time memory

  18. yeti
    Juni 25, 2009 pukul 6:44 am

    teori ini sangat bermanfaat tapi masih harus saya gali lagi lebih dalam

  19. ain
    Juli 28, 2009 pukul 12:26 pm

    saya dari malaysia…terima kasih kerana banyak memberi maklumat yang penting..tapi saya nak tahu, pengisian ini bagi pelajar tahap berapa? adakah untuk sekolah tinggi atau untuk pelajar universiti??

  20. asmah
    Agustus 19, 2009 pukul 8:35 am

    Baik. Dicadangkan ada contoh vervatim antara kaunselor dan klien. Sangat bermanfaat untuk kaunselor yang baru.

  21. bud
    Oktober 17, 2009 pukul 12:50 am

    makasih

  22. ade
    November 8, 2009 pukul 10:16 am

    trimakasih, sy ud mendownlod teori kognitif

  23. November 23, 2009 pukul 5:44 pm

    makasih atas referensinya … by : anak maluku-seram kab.sbb

  24. jawad
    Januari 14, 2010 pukul 6:27 am

    makasih, say terbantu bikin proposal tesis

  25. ardis m
    Februari 7, 2010 pukul 6:43 am

    makasih banyak, mas!

  26. enhy
    Maret 15, 2010 pukul 12:10 pm

    assalamu alaikum wr.wb……..Z mw nanya ad tidak artikel masalah kognisi yang lebih detail, misalnya pembagian, sifat, dsb.

  27. kiki
    April 4, 2010 pukul 3:00 pm

    terima kasih untuk infonya

  28. Ieka_
    April 13, 2010 pukul 3:27 am

    terima kasih..

  29. dewa
    April 18, 2010 pukul 12:21 pm

    keren, tapi kalau pelu di tingkatkan

  30. Mei 8, 2010 pukul 3:18 am

    emm, tolong kasih contoh konkret implementasinya teori ini, dalam dunia pendidikan di INDONESIA.. trima ksihh,,,

  31. ROIS AMIN
    Mei 14, 2010 pukul 10:51 am

    as..moho izin ane copy teori kognitif….klo blh req tlg d beri contoh dlm aplikasi di kelas.

  32. Drsmangarahon Rambe
    September 5, 2010 pukul 3:40 pm

    Terimakasih komentarnya.Ini adalah pandangan baru buat guru dalam memberikan pembelajaran kepada anak didik.Fungsi guru adalah membelajarkan anak didik.Bukan mengajari anak didik.Dengan teori ini siswa akan mengkonstruksi sendiri pangetahuan dengan bantuan guru (pengembangan kognisi) bukan transfer pengetahuan dari otak guru kepada otak anak didik.

  33. Muhammad Syafiq Hakim
    September 6, 2010 pukul 12:38 am

    Assalamualaikum…ana dari kolej pengajian tinggi islam johor MALAYSIA,ana hendak cari aplikasi teori piaget dalam pengajaran-pembelajaran..di mana pautan yang harus saya cari?..tolong ya,kongsikan…:))

  34. oniey
    Oktober 17, 2010 pukul 7:54 am

    mas, izin kopy ya untuk tgs kuliah
    thax before :-)

    • elok
      Maret 2, 2011 pukul 12:46 am

      Assalamu’alaikum.. saya dari sekolah tinggi agama islam Surakarta, saya mau tanya buku yang membahas teori Vygotsky secara detail…nama bukuya apa? dimana saya bisa mendapatkannya. tolong ya… buar skripsi saya. syukron.

    • elok
      Maret 2, 2011 pukul 12:47 am

      Assalamu’alaikum.. saya dari sekolah tinggi agama islam Surakarta, saya mau tanya buku yang membahas teori Vygotsky secara detail…nama bukuya apa? dimana saya bisa mendapatkannya. tolong ya… buat skripsi saya. syukron.

  35. orang
    Februari 7, 2011 pukul 1:43 pm

    makasih… infox…

  36. Debby
    Februari 11, 2011 pukul 2:38 pm

    ada buku khusus tentang scaffolding??? tolong sayaaaa

  1. April 10, 2011 pukul 4:15 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: