Beranda > Pendidikan > Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw

Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw

Dalam era global, teknologi telah menyentuh segala aspek pendidikan sehingga, informasi lebih mudah diperloleh, hendaknya siswa aktif berpartisipasi sedemikian sehingga melibatkan intelektual dan emosional siswa didalam proses belajar. Keaktifan disini berarti keaktifan mental walaupun untuk maksud ini sedapat mungkin dipersyaratkan keterlibatan langsung keaktifan fisik dan tidak nya berfokus pada satu sumber informasi yaitu guru yang hanya mengandalakan satu sumber komunikasi. Seringnya rasa malu siswa yang muncul untuk melakukan komunikasi dengan guru, membuat kondisi kelas yang tidak aktif sehingga berpulang pada rendahnya prestasi belajar siswa. Maka perlu adanya usaha untuk menimbulkan keaktifan dengan mengadakan komunikasi yaitu guru dengan siswa dan siswa dengan rekannya. Salah satu pembelajaran yang ditawarkan adalah kooperatif tipe jigsaw.

Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pertama kali dikembangkan oleh Aronson. dkk di Universitas Texas. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif, siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang dengan memperhatikan keheterogenan, bekerjasama positif dan setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain.

Keunggulan kooperatif tipe jigsaw meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya yang lain.Meningkatkan  bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan

Dalam model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat kelompok ahli dan kelompok asal. Kelompok asal adalah kelompok awal siswa terdiri dari berapa anggota kelompok ahli yang dibentuk dengan memperhatikan keragaman dan latar belakang. Guru harus trampil dan mengetahui latar belakang siswa agar terciptanya suasana yang baik bagi setiap angota kelompok. Sedangkan kelompok ahli, yaitu kelompok siswa yang terdiri dari anggota kelompok lain (kelompok asal) yang ditugaskan untuk mendalami topik tertentu untuk kemudian dijelaskan kepada anggota kelompok asal.

Para anggota dari kelompok asal yang berbeda, bertemu dengan topik yang sama dalam kelompok ahli untuk berdiskusi dan membahas materi yang ditugaskan pada masing-masing anggota kelompok serta membantu satu sama lain untuk mempelajari topik mereka tersebut. Disini, peran guru adalah mefasilitasi dan memotivasi para anggota kelompok ahli agar mudah untuk memahami materi yang diberikan. Setelah pembahasan selesai, para anggota kelompok kemudian kembali pada kelompok asal dan mengajarkan pada teman sekelompoknya apa yang telah mereka dapatkan pada saat pertemuan di kelompok ahli.Para kelompok ahli harus mampu untuk membagi pengetahuan yang di dapatkan saat melakuakn diskusi di kelompok ahli, sehingga pengetahuan tersebut diterima oleh setiap anggota pada kelompok asal.  Kunci tipe Jigsaw ini adalah interdependence setiap siswa terhadap anggota tim yang memberikan informasi yang diperlukan. Artinya para siswa harus memiliki tanggunga jawab dan kerja sama yang positif dan saling ketergantungan untuk mendapatkan informasi dan memecahkan masalah yang biberikan.

Lebih lengkapnya silahkan download disini kooperatif jigsaw.doc

About these ads
  1. Juni 10, 2008 pukul 5:38 pm

    artikel yang bagus mas…
    saya link di web saya..

    Thanks
    Baskoro adi prayito
    Baskoroadiprayitno@yahoo.com
    http://www.baskoro1.blogspot.com

  2. FANDY ACHMAD
    Juni 23, 2008 pukul 10:44 am

    tolong kirimkan bahan pelajaran kooperatif tipe jigsaw, beserta dengan langkah-langkahny.cepat ya…saya sangat memerlukan referensi.terima kasih sebelumnya.

    • sugiana
      Maret 28, 2011 pukul 4:22 am

      kirimim saya tentang model pembelejaran tipe jigsu bisa gak? saya sangat memburuhkannya

  3. November 11, 2008 pukul 5:07 am

    Mas aku sekarang lagi pusing banget nich…….mau nulis proposal penelitian tentang pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tapi aku kurang referensi. Aku boleh minta tolong dikirim bahan ???Makasih banyk ya…………………..

  4. ita
    Februari 4, 2009 pukul 3:55 am

    duh makasih banyak ya……………………tapi kalo bisa yang sering2 ja biar gak susah2 carinya ya……..
    oya keunggulan dari model kooperatif tipe jigsaw yang apaan tu???????????????????

  5. ita
    Februari 4, 2009 pukul 3:58 am

    mas bantu q po’o cari referensi tentang model kooperatif tipe jigsaw coz butuh banet nech!!!!!!!!

  6. Februari 20, 2009 pukul 6:26 am

    asslm
    tolong kirimkan bahan pelajaran kooperatif tipe jigsaw, beserta dengan langkah-langkahnya.Tks sblmnya.
    wassalam

  7. diyan
    Februari 24, 2009 pukul 8:32 am

    Mas aku sekarang lagi pusing banget nich…….mau nulis proposal penelitian tentang pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tapi aku kurang referensi. Aku boleh minta tolong dikirim bahan ???
    thx bgt

  8. ASP
    Maret 5, 2009 pukul 4:42 am

    tulisannya jelas dan bagus kalau bisa berikan rencana pembelajarannya sekalian mas untuk pelajaran tertentu dan juga alur dari kelompok asal ke tim ahli

  9. reva linda
    Maret 6, 2009 pukul 9:33 am

    ass……..
    mas aq pusing ne mw cari referensi tentg perbdaan model pembljran tipe jigsaw n konvensional……………….
    tlg ksh msukan y mas……..
    krim k email saya y mas…
    mksh sblumnya

  10. lusi
    Maret 25, 2009 pukul 5:56 am

    ass
    klo mau cari referensi ttg model pembeljaran tipe jigsaw dimn ya
    thx

  11. eno_aja
    Maret 27, 2009 pukul 3:36 am

    aslkum..
    mas,,
    saat ini saya sedang menulis skripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw. klo boleh saya minta bahan referensi mengenai model tersebut. saya tunggu balasan ke email saya ya mas.
    thanx

  12. osnedi
    April 5, 2009 pukul 3:25 pm

    saya mau tau lebih jauh mengenai jijsaw

  13. lukman
    April 6, 2009 pukul 8:18 am

    trimakash mas ats info ttg mod pemb zigsawny, mas kalo ditambah kekurangan mod pemb zigsaw lbh byk lg tch referensiny..

  14. surya pertiwi
    April 7, 2009 pukul 7:22 am

    plis dong
    kirimin artikel yang lengkap tentag kooperatif jigsaw
    beserta langkah-lagkah pembelajarannya yah………makasih…..

  15. aree
    April 11, 2009 pukul 2:41 am

    mas……kalo gue dari madiun AE1922SH maw nyari bagaimana langkah-lngkah penelitian pengembngan perangkat pembelajran jigsaw, bisa bantuin……?
    kalo bisa agak cepet ya mas, cz bingung………….

  16. Ana
    April 17, 2009 pukul 5:24 am

    Ass.mas bs gk krimi referensi tntang pndekatan realistik yg d padu dg pmbelajran koperatif tipe jigsaw.pnting bgt buat bkin proposal..thx sblmx.

  17. una
    April 22, 2009 pukul 8:52 am

    ass….mas tolong bantuin dong
    judul skripsi aku
    peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

  18. Mei 1, 2009 pukul 11:14 am

    mas q minta tlong carikan tentang PISK jigsaw

  19. diapitaloka
    Mei 12, 2009 pukul 4:03 pm

    mat mlm mas, q mw minta tolong kirimkan referensi tentang model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw soalx q ngambil judul skripsi tentang model itu pada materi sistem organ pernapasan pada manusia di SD..
    tolong q mas, soalx q butuh sex.
    q tgg yach, kirim aj lewat alamat email q..

  20. Mariyam
    Juni 5, 2009 pukul 9:44 am

    salam kenal untuk putu doantara yasa… setelah saya menelusuri blog anda kesan yang muncul adalah anda memiliki wawasan yang begitu luas… saya akan tunggu tulisan anda selanjutnya.

  21. april
    Juni 6, 2009 pukul 6:44 am

    salam kenal ka…
    ka tolongin aku dong nyari referensi tentang jigsaw butuh banget nich bwat proposal aq…kirim langsung ke email aq yah, klo bisa cepet ya k cz dah deadline nich….

  22. merry
    Juli 26, 2009 pukul 5:32 am

    hii…ag gi pucing nich…mau buat proposal ttg pemb.tipe jgsw but susah bgt nyari refrnsi…klo ada usul,bntuin aq..plizzz…bth bgt soalx…thkz.

  23. Dian Ambarsari
    Oktober 5, 2009 pukul 4:04 am

    bagus sekali……………………..

    tpi saya sedang perlu bahan ini selengkap2nya untuk tugas Metode Penelitian…
    tolong y Mas…

  24. nafilah
    Oktober 30, 2009 pukul 6:37 am

    asskum..
    mas lam knl.
    tlg krm tentang kelemahan kelebihan metode jigsa. pokoknya refrensi metode jigsaw. soalnya butuh bgt buat bahan skripsi
    makasi…………………
    bls d email saya

  25. nely hartika
    November 1, 2009 pukul 2:36 am

    sy sedng membuat proposal tesis tentang pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tpi sy bingung cari referensi lengkapnya dmana ya..thx.

  26. sensa melda
    November 25, 2009 pukul 3:59 pm

    salam knl aja ya k, Q cma mw blng makaci bnyk ya atz artikelx cx uda bnyk bntuin Q bt nyelsaiin tgz kulia.GBU alwyz ya.. BALAS

  27. khairi annisa
    Desember 3, 2009 pukul 12:58 pm

    assalamualaikum mas,,tolong kirimin referensi tentang model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw beserta contoh RPP nya..di tunggu ya mas alasannya deatlineny tanggal 7 des senin..
    sebelumnya makasih ya mas mudah-mudahan kebaikan mas dibales ma Allah..amiin

  28. Desember 6, 2009 pukul 3:13 am

    assalamualaikum…. salam kenal yacH… mas saya mau nanya apa sicH karakteristik dari pembelajaran jigsaw ini… dan kalau bisa kirim in juga referensi nya mas…. terimakasih

  29. haidi
    Desember 22, 2009 pukul 1:57 pm

    saya suka dengan info mengenai koopertif jigsaw…kalau bole tolong kirimkan saya info lebih dalam mengenai kooperati tipe jigsaw ini..thanks

  30. haidi
    Desember 22, 2009 pukul 2:00 pm

    satu lagi..kalau ada jurnal mohon dikirimkan…terima kasih

  31. rotua astrina lumban gaol
    Februari 5, 2010 pukul 3:15 am

    tolong donk kirim judul buku/referensi tentang model jigsaw karena sudah dicari gak ada…

    makasih yah

  32. Moh. Ardani Samad
    Maret 8, 2010 pukul 1:28 am

    Artikel nya bagus….
    tolong mas kirimkan tentang pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang selengkap2 nya….

  33. p1p1T
    Mei 23, 2010 pukul 9:49 am

    boleh tau g…..buku2 yg membahas tentang model pembelajaran jigsaw karangan siapa aja sih???? Klo tau judul bukunya+penerbitnya thanks bgt tuh.Bagi2 informasinya y….

  34. yulian
    Juni 29, 2010 pukul 7:57 am

    mas tolong dong kirimin jga file langkah pembelajaran jigsaw. please… thank sebelumya.

  35. aty
    Juli 5, 2010 pukul 9:21 am

    saya guga mau menggarap skriski tentang jigsaw tapi kurang referensi

  36. fhera
    Oktober 17, 2010 pukul 2:34 am

    tolong dong kirimkan aku tentang jigsau………….aku buat proposal cari buku referensi tentang jigsau susah banget….pleas…pleas

  37. ian
    Oktober 19, 2010 pukul 10:21 am

    tolong dong kirimkan semua tentang jigsaw..macam2 tipe jigsaw…variassi jigsawnya..n contoh rpp jigsaw kalo di pelajaran TIK..duh bingung bgd…kalo tik tu bs pke jigsaw kan..mohon bantuaannya yaa…please…

  38. Sr.Marlene
    Oktober 22, 2010 pukul 8:51 am

    mat sore mas…makasih untuk tulisannya yang bagus. bolehkah saya minta tambahan referensi dan penjelasan tentang teori pendukung model jigsaw soalnya mau penelitina menggunakan model ini pada materi optik kelas vii.

    makasih

  39. harnosep
    November 14, 2010 pukul 12:47 pm

    mas boleh ga dalam kelompok jigsaw mengatakan anggotanya kurang dari 4 yaitu 3 atau lebih dari 5 yaitu 6

  40. ImMANUEL.
    Februari 6, 2011 pukul 12:18 pm

    Mungkin pemblJRAN K00peratif ni sngt pnting bgi Siswa/murid2ku yg ada di SMK MAdintUL ULUM BaUREN0.krna m0dEL NI MEMBWT SIswa aktif.

  1. Mei 25, 2010 pukul 9:32 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: