Beranda > Pendidikan > Aktivitas dan Prestasi Belajar

Aktivitas dan Prestasi Belajar

•1.      Prestasi Belajar

Prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil yang dicapai oleh individu setelah mengalami suatu proses belajar dalam jangka waktu tertentu. Prestasi belajar juga diartikan sebagai kemampuan maksimal yang dicapai seseorang dalam suatu  usaha yang menghasilkan pengetahuan atau nilai – nilai kecakapan. Lebih lanjut Nurkancana dan Sunartana (1992) mengatakan :

Prestasi belajar bisa juga disebut kecakapan aktual (actual ability) yang diperoleh seseorang setelah belajar, suatu kecakapan potensial (potensial ability) yaitu kemampuan dasar yang berupa disposisi yang dimiliki oleh individu untuk memcapai prestasi. Kecakapan aktual dan kecakapan potensial ini dapat dimasukkan kedalam suatu istilah yang lebih umum yaitu kemampuan (ability).

 

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil yang dicapai oleh siswa setelah siswa yang bersangkutan dimaksudkan dalam penelitian ini adalah kecakapan nyata (actual) bukan kecakapan potensial. Menurut Nila Parta prestasi siswa pada mata pelajaran matematika dipengaruhi oleh faktor dalam diri siswa yang belajar yang meliputi IQ, motivasi, minat, bakat, kesehatan dan faktor luar siswa yang belajar yang meliputi guru pengajar, materi ajar, latihan, sarana kelengkapan belajar siswa, tempat di sekolah atau di rumah serta di lingkungan sosial siswa.

Prestasi belajar ini dapat dilihat secara nyata berupa skor atau nilai setelah mengerjakan suatu tes. Tes yang digunakan untuk menentukan prestasi belajar merupakan suatu alat untuk mengukur aspek – aspek tertentu dari siswa misalnya pengetahuan, pemahaman atau aplikasi suatu konsep.

•2.      Aktivitas Siswa

Menurut Sriyono aktivitas adalah segala kegiatan yang dilaksanakan baik secara jasmani atau rohani. Aktivitas siswa selama proses belajar mengajar merupakan salah satu indikator adanya keinginan siswa untuk belajar. Aktivitas siswa merupakan kegiatan atau perilaku yang terjadi selama proses belajar mengajar. Kegiatan – kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang mengarah pada proses belajar seperti bertanya, mengajukan pendapat, mengerjakan tugas – tugas, dapat menjawab pertanyaan guru dan bisa bekerjasama dengan siswa lain, serta tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Mengerjakan matematika mengandung makna aktivitas guru mengatur kelas sebaik – baiknya dan menciptakan kondisi yang kondusif sehingga murid dapat belajar metematika. Aktifnya siswa selama proses belajar mengajar merupakan salah satu indikator adanya keinginan atau motivasi siswa untuk belajar. Siswa dikatakan memiliki keaktifan apabila ditemukan cirri – ciri perilaku seperti : sering bertanya kepada guru atau siswa lain, mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, mampu menjawab pertanyaan, senang diberi tugas belajar, dan lain sebagainya. Semua ciri perilaku tersebut pada dasarnya dapat ditinjau dari dua segi yaitu segi proses dan dari segi hasil.

Trinandita (1984) menyatakan bahwa ” hal yang paling mendasar yang dituntut dalam proses pembelajaran adalah keaktifan siswa”. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa ataupun dengan siswa itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan suasana kelas menjadi segar dan kondusif, dimana masing – masing siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Aktivitas yang timbul dari siswa akan mengakibatkan pula terbentuknya pengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan prestasi.

About these ads
Kategori:Pendidikan
  1. Abdul_Kadir
    Juni 14, 2008 pukul 10:34 am

    pendek banget artikelnya jadi kan bisa dibikin sebagai bahan pustaka jika di buat laporan ilmiah… seperti bahan makalah. tapi ngga apa2 ini juga sudah cukup tank’s ya

    dari Mahasiswa semester VIII STAIN Samarinda. Kal-Tim

  2. novita
    Oktober 16, 2008 pukul 2:24 am

    aku sekarang lagi nulis skripsi tentang model pembelajaran STAD dan Student facilitator and explaining, boleh minta tolong ga’ kirim artikel yang da hubungannya dengan skripsiku itu. atau buku yang bisa aku jadikan referensi. makasih……(kirim di email aku ja tanks…..)

  3. puan tursina
    Oktober 25, 2008 pukul 2:27 pm

    salam……..
    Pak guru thanks ya ats artikel@,lmyan bs nmbh ilmu,tapi alngkh bgs@ ko ditls jg referensi@, btw leh mnta tlg g?ad artikel ttg kelas yang efektif and siswa yg aktif lebih detail,al@ bt tmbhm bhn skripsi,or situs ap kek,al@ dsn sush nyari bk, ko ad kirm aj ke e-mail aq, thanks bgt ya, ko bs scpt mgkn,al@ perlu bgt
    Mahasiswa UNSYIAH Nanggroe Aceh Darussalam

  4. Biru
    November 27, 2008 pukul 8:31 am

    artikelnya bagus, bisa nambah ilmu. tapi kq g nyantumin referensi lengkapnya?

  5. Februari 7, 2009 pukul 5:38 am

    pak salam kenal dari saya
    saya mahasiswa unnes kota semarang jateng
    gini saya mau minta daftar pustakanya dari artikel di atas!! boleh kan
    coz saya lagi buat skripsi ni
    makasih ya pak

  6. astra yunita
    Februari 19, 2009 pukul 8:38 am

    salam kenal pak
    sekarang saya sedang nyusun proposal penelitian tntang pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap aktivitas belajar. mohon dikirim artikel tentang masalah itu atau carikan buku referesi yang berkaitan. kirim ke mail saya aja ya…terima kasih.

  7. Februari 19, 2009 pukul 8:43 am

    salam kenal pak
    sekarang saya sedang nyusun proposal penelitian tntang pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap aktivitas belajar. mohon dikirim artikel tentang masalah itu atau carikan buku referesi yang berkaitan. kirim ke mail saya aja ya…terima kasih

  8. Ronald
    Maret 4, 2009 pukul 1:47 am

    salam kasih selalu..
    sekarang saya lagi mau menyusun skripsi, dan lagi mencari referensi yang banyak…
    saya copy artikel bapak untuk menjadi bagian dari referensi saya.
    terima kasih banyak ya pak..
    God Bless You

  9. desi indrawati
    Maret 21, 2009 pukul 6:31 am

    salam kasih selalu
    sekarang saya sedang menyusun Karya Ilmiah…
    saya men_copy artiel bapak untuk mengisi kajian pustaka…..

    terimakasih banyak ya pak………..

  10. Maret 24, 2009 pukul 6:56 am

    salam hangat,
    terima kasih banyak, artikel anda bisa saya jadikan referensi. Sekarang saya akan menyusun skripsi tentang ‘persepsi siswa sma kelas XI’dan hubungannya dengan prestasi belajar’. mohon dikirim artikel dan juga judul beberapa buku terbaru yang bisa menunjang skripsi saya

  11. Maret 24, 2009 pukul 6:58 am

    ada sesuatu yang terlewatkan. yaitu ucapan Terima Kasih banyak

  12. zahra
    Maret 25, 2009 pukul 9:56 am

    pakk,,saya lg bikin tugas mpk…
    tapi butuh aspek-aspek prestasi belajar..
    bisa tolong bantu gak?kirim k imel saya ajhh..
    makasihhh sebelumnyahh

  13. gunungsari
    April 8, 2009 pukul 5:03 pm

    sorry ya, nih tulisan ga diuraikan lebih lagi masing2 sub. tapi makasih dah buat kita2 tambah bacaan, thanks

  14. tri widarsih
    April 17, 2009 pukul 8:00 am

    tolong pak,kirim kajian teori tentang aktifitas belajar saya ingin buat PTK tentang peningkatan aktifitas belajar.thanks.

  15. weni nadeak
    April 18, 2009 pukul 4:19 am

    salam kasih pak……
    saya mahasiswa lagi ngamnbil m.kuliah metopel…….
    boleh kan pak saya bantu ag…..
    saya mau mengetahui hubungan prestasi belajar dengan media pembelajaran…..
    kirim ke email ku ya pak
    thanks…

  16. Nurchotimah
    April 29, 2009 pukul 3:24 am

    Bagus mas artikelnya, mohon ijin ngutip dikit buat referensi ya. Syukur saya dikirimi judul buku biar lebih valid, ntar tak carinya diperpustakaan. Thanks so much

  17. marta
    Mei 4, 2009 pukul 4:20 am

    kog Cuma sdikit arTikelnya,,
    tapi gpp thx ya,,

  18. Den Baguz-Pekalongan
    Mei 13, 2009 pukul 1:26 pm

    matur suwun artikelnya. Alangkah bagus jikalau ditambahkan daftar pustaka dan kutipan halaman. matur suwun

  19. Yulia Fida
    Mei 31, 2009 pukul 7:05 am

    salam kenal pak,
    pak,skrang saya lagi proses bikin skripsi masalah aktivitas belajar siswa di kelas RSBI. saya bingung cari bahannya.apa bpak bisa bantuin saya mencari bahan yang saya maksut???kirim ke email saya ya pak.mksih sblumx

  20. addien alqoyyuum
    Juni 4, 2009 pukul 7:14 am

    Wow.. keren, meskipun dikit tapi manfaat.
    thakns yo…….

  21. subkhan
    Juni 18, 2009 pukul 6:43 am

    mkch bgt bt artikel@. pi bh enk klo da refrensi@. tlng krmn k email q dng

  22. Juni 23, 2009 pukul 9:00 am

    trima kasih atas paparannya semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya. dan terima kasih buat bapak yang telah menulis hal ini semoga sukses selalu.

  23. Juli 19, 2009 pukul 2:23 pm

    walau pendek, ini yang kucari. TERIMAKASIH

  24. whien
    Agustus 31, 2009 pukul 2:26 pm

    lemah nian jock masak nulis artikel dikit klo banyak khan bisa to refrerensi skripsi ane, hehehehehehe… tp bgus kok gekgekgek…

  25. anjar
    September 10, 2009 pukul 2:08 am

    mathur thanks bangets yach… suer ni artikel penting banget buat aku.

  26. ida
    Oktober 11, 2009 pukul 11:20 pm

    assalamuailaikum,
    salam hanggat pak,saya sekarang lagi nyusun skripsi dengan judul penerapan pembelajaran experiental learning. saya mengukur aktivitas belajar siswa.saya mohon kirim artikel atau referensi tentana aktiviatas, terimahkasih. semoga kebaikan bapak di balas allah swt.amien

  27. Wiwit Hidayati
    Oktober 12, 2009 pukul 2:42 am

    Saya mau kutip untuk PTK saya sekarang, tapi perlu daftar pustakanya. Mohon dikirimkan, Terima kasih .

  28. Oktober 20, 2009 pukul 8:39 am

    artikelny bgus be ge te…………
    thanks dah nambh pengetahuan………..

  29. Oktober 20, 2009 pukul 8:43 am

    oh ya pak, td lupa……
    saya lagi bwt penelitian yang ada kaitannya dengan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa….bisa tlong dikirimkan judul buku referensi/artikel yang berkaitan dengan hal tersebut?
    mohon dibalas….
    matur nuwun sanget…

  30. Dina
    November 7, 2009 pukul 2:59 pm

    Pak…. punya bahan tentang aplikasi kognitif ngga’? klo ada, faktor-faktor apa aja yang mempengaruhinya? thanks.

  31. hartik
    Desember 22, 2009 pukul 1:35 am

    makasi atas tulisannya………………..

  32. astrid
    Februari 11, 2010 pukul 7:36 am

    mn si pngrtian prstsi bljrny dr td g ktmu2

  33. bagja wiwaha
    Februari 15, 2010 pukul 9:42 pm

    minta referensi buku dong om..thx…kirim ke email aja ya
    bagja_assic@yahoo.com

  34. Februari 21, 2010 pukul 1:34 pm

    waduh pengertian aktivitasnya kurang pak, masih butuh yg lbh byk nie

  35. mirah
    Maret 29, 2010 pukul 11:21 am

    assalammualakum.

    salam hangat pak,pak saya mira di palembang sekarang saya lagi nyusun skripsi dengan judul hubungan prilaku siswa dan aktivitas belajar terhadap prestasi siswa.saya mohon bantuanya pak ada contoh proposal tentang judul saya.
    terimakasi sebelumnya.muda2han kebaikan bapak dibalas oleh allah swt.amin

  36. April 24, 2010 pukul 5:25 am

    oh ya pak…
    klo penelitian kualitatif tentang hubungan sikap dan media pembelajaran itu bagaimana?….

  37. April 24, 2010 pukul 5:27 am

    khoirian :
    oh ya pak…
    klo penelitian kualitatif tentang hubungan sikap dan media pembelajaran itu bagaimana?….
    email khoiri2anwar@gmail.com

  38. WARA
    Mei 9, 2010 pukul 1:49 am

    lebih bagus lagi dan manfaat sebagai rujukan jika disetiap tulisan ada daftar rujukannya. kadang nyebut nama penulis tapi nggak ada daftar referensinya…mohon donk…tq

  39. fatmawati
    Juli 20, 2010 pukul 5:04 am

    dikit banget c!tpg pa2 wes ne jg dah bntu kok

  40. ratikomalasari
    Desember 30, 2010 pukul 10:16 am

    semangat

  41. Zelia
    Januari 19, 2011 pukul 4:59 pm

    terima kasih buat artikelnya yang sangat membantu..

    saya sangat butuh referensinya..
    apakah boleh tolong kirimkan referensinya ke email saya..? =)

    terima kasih…

  42. Zelia
    Januari 20, 2011 pukul 2:26 am

    Trinandita (1984) apakah ada daftar pustaka lengkapnya..?

    judul buku, tempat terbit, penerbit..?

    makasih =)

  43. sri rahayu
    Februari 20, 2011 pukul 12:24 pm

    terima kasih artikel ini sangat membantu saya dalam pembuatan makalah, semoga jadi amal ibadah yang kekal

  44. lina
    Maret 2, 2011 pukul 7:21 am

    pak 42.

    pak, pendapat Trinandita (1984) apakah ada daftar pustaka lengkapnya..?
    judul buku, tempat terbit, penerbit..?tlong kirim donk pak,buat desain penelitian saya…..

    makasih =)

  45. April 22, 2011 pukul 12:18 am

    ass endi seueur alamat artpulsa ! naha strategi marketing ?

  46. fatimah
    April 22, 2011 pukul 6:41 am

    Aslkm…pak,saya lgi menyusun skripsi yang judulnya Pengaruh media pembelajaran terhadap aktifitas belajar siswa.Bisa ga anda kirimkam contoh proposalnya?sekalian referensinya..saya mohon dengan sangat bantuan bpk.Terimah kasih sebelumnya dan muda2han Allah yg membls kebaikan anda….Oy, kirim di email cute_cime@yahoo.co.ud

  47. April 8, 2012 pukul 8:21 pm

    assalamualaikum Pak………
    saya yunarni, saya sedang menyusun tugas akhir kuliah, artikel bapak sangat membantu tugas saya. boleh ga saya minta tlong sekiranya bapak mau mengirimkan artikel-artikel lain yang berkaitan dengan pendidikan ke email saya. trimakasih. wassalamualaikum………

  48. lina sari
    Juni 20, 2012 pukul 4:36 am

    Mksh pak buat artkelnya karena membantu saya dalam penulisa skripsi

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: