Beranda > Contoh soal Olimpiade Komputer > Contoh Soal Olimpiade Komputer materi WHILE DO

Contoh Soal Olimpiade Komputer materi WHILE DO

potongan prgram dibawah untuk soal 1 -2

c := 0
d := 0
while (a>b) do
begin
a := a – b;
c := c + 1;
d := d + b;
end;
write(c,’,’,d);

1. jika nilai  a = 15, b = 4 maka keluaran dari program diatas adalah..
a. 3 , 12
b. 1 , 4
c. 0 , 0
d. 6 , 23
e. 2 , 8

Pembahasan
nilai awal a = 15, b = 4, c = 0, d = 0
kondisi a > b
—–>> 15 > 4 (True), maka
a = 15 – 4
= 11
c = 0 + 1
= 1
d = 0 + 4
= 4
—–>> 11 > 4 (True), maka
a = 11 – 4
= 7
c = 1 + 1
= 2
d = 4 + 4
= 8
—–>> 7 > 4 (True), maka
a = 7 – 4
= 3
c = 2 + 1
= 3
d = 8 + 4
= 12
—–>> 3 > 4 (False), maka perulangan dihentikan.
Jadi nilai c = 3, d = 12
2. jika nilai  a = 34, b = 11 maka keluaran dari program diatas adalah..
a. 3 , 12
b. 1 , 4
c. 0 , 0
d. 6 , 23
e. 2 , 8

Pembahasan
nilai awal a = 34, b = 11, c = 0, d = 0
kondisi a > b
—–>> 34 > 11 (True), maka
a = 34 – 11
= 23
c = 0 + 1
= 1
d = 0 + 11
= 11
—–>> 23 > 11 (True), maka
a = 23 – 11
= 12
c = 1 + 1
= 2
d = 11 + 11
= 22
—–>> 12 > 11 (True), maka
a = 12 – 11
= 1
c = 2 + 1
= 3
d = 22 + 11
= 33
—–>> 1 > 11 (False), maka perulangan dihentikan.
Jadi nilai c = 3, d = 33

klik disini untuk download

  1. April 11, 2008 pukul 3:55 am

    Aslkm…wah…orang eksakta juga si mas ini……

    Doantara Yasa Berkata
    Wlkmslm… iya mas.. perlu belajar banyak.. mohon bantuannya.

  2. wahyu
    Februari 12, 2009 pukul 2:11 am

    trima kasih…

    sangat bermanfaat sekali pembahasannya

  3. ungkal
    Februari 23, 2009 pukul 8:08 am

    pening

  4. Jafar
    Maret 10, 2009 pukul 3:47 am

    minta soal-soal dan pembahasan olimpiade komputer dunkzzzz

  5. Maret 14, 2009 pukul 5:21 am

    Mas,perkenalkan saya nia.saya sudah baca pnyelesain soal soal bhs pascal.boleh saya minta bntuan mas,tuk slsain soal pascal saya.thank,s

  6. caroline rara
    Maret 17, 2009 pukul 8:20 am

    wow…..cukup sulit………

  7. ni2n
    Maret 24, 2009 pukul 6:52 am

    think kyu yaw atas soal n pembahasannya…….
    kami merasa terbantu buanget dengan soal n pembahasan soal ini!!!!!!!!!!!!!!

  8. Vian
    April 6, 2009 pukul 8:52 am

    Hm…dari pada bahas & hitung satu-satu..
    cukup pahami kunci utama untuk menyelesaikannya aja.

    untuk nyari nilai c, ya tinggal:
    a dibagi b aja, ketemu dah nilai c-nya…dipilihannya yang nilai c-nya cocok, ya pilih yang itu aja.^_^

    • Juni 9, 2009 pukul 12:49 am

      betul tuh mas,daripada tracing capek2.hehe

  9. April 13, 2009 pukul 2:05 am

    aduh………sulit skali ya…mas,saya boleh ga mnta tlong?kalo bisa krmin lg dnk soal2 yg lain y byr saya pelajarin.OK.Tanks ya mas…”-”

  10. EDDY
    April 14, 2009 pukul 4:15 am

    waHH susaH AMt yyy…..kRMN SOAl’a lG dong KE e MAIl q…..N kasIH pemBAHASAN’a

  11. soni prasetio
    April 14, 2009 pukul 5:12 am

    makasih tas materinya berharga banget tuh 1X lg thangs banget ya

  12. soni prasetio
    April 14, 2009 pukul 5:13 am

    thangs tas pembahasan soal nya penting banget tuh !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. anshor
    Mei 1, 2009 pukul 7:05 am

    salam kenal…………………………………..

    mas say bisa minta tolong gak ??????????????????

    ni say minta di kirimin soal2 yg biasa kluar dlm perlombaan olim piade sam jawaban nya

    tolong mas
    so ni prtama say di tunjuk sbg psertanya tik

    yg slama ini say idamkan

  14. rizkivmaster
    Mei 3, 2009 pukul 8:50 am

    thanx mas, akhirnya ada jg soal utk latihan…

  15. Mei 12, 2009 pukul 12:02 pm

    makasih atas soal2 nya,,
    sangat membantu,,,
    lain kali buka juga blog saya di nurmala21.wordpress.com

  16. Mei 15, 2009 pukul 2:18 pm

    tks. bget

    tpi agak pusing……

  17. Ghazwind AjaH
    September 1, 2009 pukul 3:20 am

    ga ada soal nya gitu

  18. Boy Emo
    September 1, 2009 pukul 3:24 am

    gatel ndi soale

  19. Fachmy Aziz
    Februari 8, 2010 pukul 7:22 am

    SoALnya g DA lgi y !!!

  20. Ichan
    Februari 15, 2010 pukul 1:27 pm

    thx bwt soal2x..
    susah but keren abiz..

  21. Maret 24, 2010 pukul 11:44 am

    mas,, kalo boleh saya minta tolong kirimkan soal dan pembahasan olimpiade komputer ke e-mail saya,, mohon bantuan.nya ya… terimakasih sebelumnya…

  22. ifha
    April 3, 2010 pukul 12:23 pm

    bleh minta contoh soal olimpiade T.I.K nda,,,,,,,,,???????????

    alx bingun ney, nda tau harus blajar soal pa………?????

    alx fha di utus bwt ikut olimpiade

  23. dhei
    April 4, 2010 pukul 4:27 am

    apeeee….!!!!

  24. wahyu
    April 5, 2010 pukul 11:50 am

    waduh,,,
    kayak matematik ya soal komputernya…heheheh
    pakai persamaan segala lagi…

  25. ADI KUSUMA
    April 21, 2010 pukul 1:33 am

    aduh temen-temen AQ beri contoh soal…. ato kisi” olimpiade komputer donk…
    susah bnget…

  26. ADI KUSUMA
    April 21, 2010 pukul 1:40 am

    aduh temen-temen beri contoh soal…. ato kisi” olimpiade komputer donk…
    susah bnget…

  27. Steve
    Mei 31, 2010 pukul 9:10 am

    trims bgt mas atas soalnya.saya jadi bisa berlatih lagi…..yg soal 2 ….saya pertamanya agak bingung karna jawabannya ga ada dipilihan…..tapi setelah melihat dibawahnya lagi,baru saya mengerti.hehehehe

  28. September 2, 2010 pukul 6:59 am

    ksi soal-soal olimp tingkat kabupaten donk, tahun 2010?? ok!

  29. anez
    Mei 10, 2011 pukul 1:25 am

    thX bgT, sngT mmBantu saya u/ bahan pmblajaran olimp bsok d gurindam, (batam, 11 mey 2011)
    doain saya ya, bole mnank n mlanjut sampai ke nasional

    yhx before

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: