Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI)
Santyasa mengungkapkan pembelajaran kooperatif tipe GI didasari oleh gagasan John dewey tentang pendidikan, bahwa kelas merupakan cermin masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar tentang kehidupan di dunia nyata yang bertujuan mengkaji masalah-masalah sosial dan antar pribadi. Menurut Winataputra (1992:39) model GI atau investigasi kelompok telah digunakan dalam berbagai situasi dan dalam berbagai bidang studi dan berbagai tingkat usia. Pada dasarnya model ini dirancang untuk membimbing para siswa mendefinisikan masalah, mengeksplorasi berbagai cakrawala mengenai masalah itu, mengumpulkan data yang relevan, mengembangkan dan mengetes hipotesis.
Menurut Depdiknas (2005:18) pada pembelajaran ini guru seyogyanya mengarahkan, membantu para siswa menemukan informasi, dan berperan sebagai salah satu sumber belajar, yang mampu menciptakan lingkungan sosial yang dicirikan oleh lingkungan demokrasi dan proses ilmiah. Menurut Winataputra (1992:63) sifat demokrasi dalam kooperatif tipe GI ditandai oleh keputusan-keputusan yang dikembangkan atau setidaknya diperkuat oleh pengalaman kelompok dalam konteks masalah yang menjadi titik sentral kegiatan belajar. Guru dan murid memiliki status yang sama dihadapan masalah yang dipecahkan dengan peranan yang berbeda. Jadi tanggung jawab utama guru adalah memotivasi siswa untuk bekerja secara kooperatif dan memikirkan masalah sosial yang berlangsung dalam pembelajaran serta membantu siswa mempersiapkan sarana pendukung. Sarana pendukung yang dipergunakan untuk melaksanakan model ini adalah segala sesuatu yang menyentuh kebutuhan para pelajar untuk dapat menggali berbagai informasi yang sesuai dan diperlukan untuk melakukan proses pemecahan masalah kelompok.
Ibrahim, dkk. (2000:23) menyatakan dalam kooperatif tipe GI guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok dengan anggota 5 atau 6 siswa heterogen dengan mempertimbangkan keakraban dan minat yang sama dalam topik tertentu. Siswa memilih sendiri topik yang akan dipelajari, dan kelompok merumuskan penyelidikan dan menyepakati pembagian kerja untuk menangani konsep-konsep penyelidikan yang telah dirumuskan. Dalam diskusi kelas ini diutamakan keterlibatan pertukaran pemikiran para siswa.
Slavin (dalam Asthika, 2005:24) mengemukakan tahapan-tahapan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif GI adalah sebagai berikut:
1) Tahap Pengelompokan (Grouping)
Yaitu tahap mengidentifikasi topik yang akan diinvestigasi serta mebentuk kelompok investigasi, dengan anggota tiap kelompok 4 sampai 5 orang. Pada tahap ini: 1) siswa mengamati sumber, memilih topik, dan menentukan kategori-kategori topik permasalahan, 2) siswa bergabung pada kelompok-kelompok belajar berdasarkan topik yang mereka pilih atau menarik untuk diselidiki, 3) guru membatasi jumlah anggota masing-masing kelompok antara 4 sampai 5 orang berdasarkan keterampilan dan keheterogenan.
Misalnya:
1) Dalam sub pokok bahasan turunan fungsi aljabar, sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat, guru menyampikan topik yang akan diinvestigasi seperti: (a) Bila y = c maka y’= 0 (c konstanta), (b) Bila y = ax maka y’ = a (a konstanta), dan (c) Bila y = axn maka y’ = a.n.xn-1 (a dan n konstanta)
2) Setelah penyampaian topik bahasan yang akan diinvestigasi: (a) guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih topik yang menarik untuk dipilih dan membentuk kelompok berdasarkan topik yang mereka pilih atau menarik untuk diselidiki, (b) Guru membatasi anggota kelompok 4 sampai 5 orang dengan cara mengarahkan siswa dan memberikan suatu motivasi kepada siswa supaya bersedia membentuk kelompok baru dan memilih topik.
2) Tahap Perencanaan (Planning)
Tahap Planning atau tahap perencanaan tugas-tugas pembelajaran. Pada tahap ini siswa bersama-sama merencanakan tentang: (1) Apa yang mereka pelajari? (2) Bagaimana mereka belajar? (3) Siapa dan melakukan apa? (4) Untuk tujuan apa mereka menyelidiki topik tersebut?
Misalnya pada topik Bahasan, Bila y = c maka y’= 0 dimana c konstanta, pada tahap ini: 1) siswa belajar tentang turunan fungsi yang nilainya konstan, 2) siswa belajar dengan menggali informasi, bekerjasama dan berdiskusi, 3) siswa membagi tugas untuk memecahkan masalah topik tersebut, mengumpulkan informasi, menyimpulkan hasil investigasi dan mempresentasikan di kelas, dan (4) siswa belajar untuk mengetahui sifat turunan fungsi aljabar yang bernilai konstan.
3) Tahap Penyelidikan (Investigation)
Tahap Investigation, yaitu tahap pelaksanaan proyek investigasi siswa. Pada tahap ini, siswa melakukan kegiatan sebagai berikut: 1) siswa mengumpulkan informasi, menganalisis data dan membuat simpulkan terkait dengan permasalahan-permasalahan yang diselidiki, 2) masing-masing anggota kelompok memberikan masukan pada setiap kegiatan kelompok, 3) siswa saling bertukar, berdiskusi, mengklarifikasi dan mempersatukan ide dan pendapat. Misalnya: 1) siswa menemukan cara-cara pembuktian sifat turunan fungsi aljabar yang bernilai konstan, 2) siswa mecoba cara-cara yang ditemukan dari hasil pengumuplan informasi terkait dengan topik bahasan yang diselidiki, dan 3) siswa berdiskusi, mengklarifikasi tiap cara atau langkah dalam pemecahan masalah tentang topik bahasan yang diselidiki.
4) Tahap Pengorganisasian (Organizing)
Yaitu tahap persiapan laporan akhir. Pada tahap ini kegiatan siswa sebagai berikut: 1) anggota kelompok menentukan pesan-pesan penting dalam proteknya masing-masing, 2) anggota kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan dan bagaimana mempresentasikannya, 3) wakil dari masing-masing kelompok membentuk panitia diskusi kelas dalam presentasi investigasi.
Misalnya: 1) siswa menemukan bahwa turunan fungsi aljabar yang bernilai konstan nilainya adalah 0 jadi rumus yang diberikan terbukti, 2) siswa menemukan bahwa turunan fungsi aljabar yang bernilai konstan nilainya adalah 0 yang dibuktikan dengan definisi turunan dan limit fungsi, 3) siswa membagi tugas sebagai pemimpin, moderator, notulis dalam presentasi investigasi.
5) Tahap Presentasi (Presenting)
Tahap presenting yaitu tahap penyajian laporan akhir. Kegiatan pembelajaran di kelas pada tahap ini adalah sebagai berikut: (1) penyajian kelompok pada keseluruhan kelas dalam berbagai variasi bentuk penyajian, (2) kelompok yang tidak sebagai penyaji terlibat secara aktif sebagai pendengar, (3) pendengar mengevaluasi, mengklarifikasi dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap topik yang disajikan. Misalnya: 1) siswa yang bertugas untuk mewakili kelompok menyajikan hasil atau simpulan dari investigasi yang telah dilaksanakan, 2) siswa yang tidak sebagai penyaji, mengajukan pertanyaan, saran tentang topik yang disajikan, 3) siswa mencatat topik yang disajikan oleh penyaji.
6) Tahap evaluasi (evaluating)
Pada tahap evaluating atau penilaian proses kerja dan hasil proyek siswa. Pada tahap ini, kegiatan guru atau siswa dalam pembelajaran sebagai berikut: 1) siswa menggabungkan masukan-masukan tentang topiknya, pekerjaan yang telah mereka lakukan, dan tentang pengalaman-pengalaman efektifnya, 2) guru dan siswa mengkolaborasi, mengevaluasi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan, 3) penilaian hasil belajar haruslah mengevaluasi tingkat pemahaman siswa. Misalnya: 1) siswa merangkum dan mencatat setiap topik yang disajikan, 2) siswa menggabungkan tiap topik yang diinvestigasi dalam kelompoknya dan kelompok yang lain, 3) guru mengevaluasi dengan memberikan tes uraian pada akhir siklus.
sistem PBM yang baik itu gimana ya pak guru ?
hmmm.. nurut saya PBM yang baik itu.. PBM yang baik untuk siswa, guru, Atasan, lembaga, pemerintah berdasarkan kaidah pendidikan.. hee
carikan dong judul skripsi matematika
Doantara Yasa:
Trimakasi sebelumnya telah mampir… untuk judul skripsi si banyak mas. tergantung permasalahannya apa? skripsinya jenis apa?
saya kasi yang PTK: Meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI melalui pendekatan pembelajaran kooperatif group investigation (GI).
saya butuh lebih banyak tentang investigasi kelompok.bisa gak dicarikan tentang kelebihan dan kekurangannya??thanx b4
Judul aku sudah ada, yaitu “Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Koperatif Learning Tipe GI dengan yang tidak pada materi Turuna Fungsi Aljabar. pada siswa SMA jurusan IPS” .
Tetapi aku kesulitan untuk menyusun skripsinya dan buku-buku mengenai hal itu tidak aku temui
Dan Tolong ya Pak, bagaimana cara pengolahan data dengan menggunakan SPSS
Doantara Yasa:
Mofon maaf, kondisi saya kurang bagus.. lg sakit pas baca komentar mas budi. Ini saya kasi link blog tempat belajar pengolahan data untuk skripsi kilik disini
atau masud mas SPSS ( statistical package for social sciense) kilik disini
mohon maaf boleh tau kelebihan dan kekurangan pembelajarn kooperatif tipe GI itu apa ya?
Doantara Yasa :
Kelemahannya : Karena siswa bekerja secara kelompok dari tahap perencanaan sampai investigasi untuk menemukan hasil jadi metode ini sangat komplek, sehingga guru harus mendampingi siswa secara penuh agar mendapatkan hasil yang diinginkan.
Kelebihannya : Metode ini mampu melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi.
Mohon di cari lebih dalam lagi tentang kelemahan dan kekurangan kooperatif tipe GI ini.. semoga bermanfaat.. trims
Maaf pak saya mau tanya,saya lagi cari macam-macam tipe belajar kooperatif itu apa saja??
terus kalau pembelajaran kompetitif itu apa ya?? tolong dijelaskan juga. terimakasih banyak atas jawabannya. insyaAllah ini bermanfaat untuk saya.
Doantara Yasa:
Pembelajran kooperatif adalah pembelajaran kelompok. untuk lebih jelasnya silahakan baca disini
Model kooperatif : ada GI, TGT, Jigsaw, nht dll
carikan donk judul skripsi tentang pendidikan ekonomi,PLEASE…….,thanks
maaf pak,saya lagi bingung cari judul skripsi.TOLONG carikan judul yang cocok untuk materi pendidikan ekonomi.Thanks
Doantara Yasa:
Aduch… maaf mbak eva, saya baru bisa balas komentarnya.. Tentang judul sekripsi, tergantung jenis penelitiannya apa? kalau yang lagi hangat-hangatnya model Class room action reset atau PTK. Kalau mw buat PTK, sekarang kira2 masalah apa yang dihadapi dalam pembelajaran ekonomi? baru bisa mencoba metode atau pemecahan masalah itu, dan hasilnya tergantung penelitian mbak.
Kalau menurut saya kooperatif GI kayaknya terlalu ribet untuk pembelajaran ekonomi, yang lebih mudah dan efektif diterapkan untuk pembelajaran ekonomi adalah kooperatif Jigsaw (itu untuk sebangsa kooperatif) tapi ada yang lagi trend yang diterapkan guru yaitu pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Gini aja Saya kasi satu judul skripsi PTk yach.. “Meningkatkan minat, aktivitas, dan prestasi belajar siswa Kelas X SMA XXX melalui pendekatan konteksual”. Saya masih banyak kurangnya.. semoga ini bisa bermanfaat. trimakasih atas kunjungan dan komentarnya.
Pak..beberapa penelitian menunjukkan, penerapan kooperatif GI hanya acceptable bagi siswa SMA dan PT, untuk siswa SMP ke bawah hasilnya malah kacau…
Baskoro Adi Prayitno
http://www.baskoro1.blogspot.com
http://www.baskoro-adi-prayitno.blogspot.com
saya lagi nyari judul ptk untuk bidang ekonomi. tadinya mau pake GI tapi barusan dapat masukan di ekonomi lebih tepat pake jigsaw, mohon info lebih lanjutnya pak..
mas,, sebenarnya saya sedang mencari tulisan seputar “tipe-tipe kegiatan belajar masyarakat”.
Berhubung karna tulisan mas dahulu yang saya dapat, jadi numpang tanya sekalian deh ya??
apakah tipe GI ini dapat digunakan pada program pembelajaran masyarakat?
Sebelum N sesudahnya
Trima Kasih, mas!
tolong donk kasih contoh soal yang pake investigasi
kalo untuk materi turunan fungsi aljabar bisa ga ya pake investigasi????
Maz kalau judul skripsi Penerapan pembelajaran matematika model group investigation dalam upaya meningkatkan kemampuan procedural fluency (PTk….).Menurut Maz gimana???. Pendapat Maz Procedural fluency itu apa? Tolong dibalez ya
mohon maaf, saya mau menanyakan, kira – kira GI mudah diterapkan dalam pembelajaran matematika gak ya????
trus kalau tidak cocok kira2 yg cocok apa ya???soalnya saya mau buat judul skripsi perbandingan ataupun pengaruh, tapi kok bingung ya???
mohon bantuannya……….
makasih….
sir, bgmn penerapan model ini dalam matematika mengingat dalam matematika materinya sudah terstruktur, siswa harus menguasai materi a dulu baru bisa mampelajari materi b, sedangkan dalam model pemb. ini siswa sendiri yang memilih bahasan apa yang akan mereka selidiki dari pokok bahasan yang ditetapkan guru. still confused sir!
Sir, klu bwt sswa SMP model pembelajaran apa yg lbh comfort utk mapel IPS
Coz saya mo bwt PTK. Trus klu bwt siswa SD, model pembelajaran GI utk mapel IPA, bgsnya judul nya apa ya, soalnya ada tmn yang lg bingung nyari judul skripsi ttg itu. makasih…
tolong berikan kelemahan dan kelebihan pembelajaran kooperatif jenis kepala bernomor terstruktur?
terima kasih
Selamat siang pak,
Saya sedang menyusun skripsi, tapi saya bingung tentang pembelajaran kooperatif teknik three-minute review. tolong jelaskan teknik tersebut.
ada tidak buku tentang penjelasa teknik tersebut. kalau ada tolong referensi jdul buku dan pengarangnya.
terima kasih sebelumnya.
Pak,GI untuk matematika bisa gk ya?????terutama untuk kelas 4 SD
BAPAK, SAYA SEKARANG LAGI NYUSUN SKRIPSI TOLONG SAYA APA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI KOOPERATIF TIFE INVESTIGASI
pak, tolong beri penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan beserta langkah-langkah pembelajaran kooperatif model learning together
pak, tolong beri penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan beserta langkah-langkah pembelajaran kooperatif model learning together.lengkap ya pak.terima kasih..
pak,mint tolong saya skr lg nyusun skripsi judulnya tentang GI terus saya ngambil materi statistik.saya bingung gmn cara menerapkan nya???
mas, punya jurnal tentang model kooperatif group investigation ga?
Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yg memperhatikan kompetensi personal dan sosial, selain kompetensi akademik.
Perlu tuh buat ngedidik anak-anak bangsa ini, biar jadi pemimpin yg berintelegensi intra dan ekstra personal yg baik.
tlg dong carikan judul skripsi bimbingan konseling…
makasih ya………………………………….
semoga amal nya di terima oleh tuhan yang maha kuasa. amien…………..
insyaAllah dengan ini ibuku bisa wisuda
pak minta tolong saya sekarang mau buat PTK bhs idonesia klas VI materi mengubah puisi menjadi prosa, bagaimana judul yang tepat?. dengan metode/model pembelajaran apa yang tepat?
Pak Yasa, Saat ini saya sedang menyusun skripsi dengan judul PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAPAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKN KELAS IV SEMESTER I SDN II BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TAHUN PELAJARAN 2009-2010, saat ini saya sedang menyusun bab II kajian pustaka, mohon bantuan untuk literature penunjang tentang GI, terima kasih atas informasinya.
pak tolong disebutkan kelemahan dan kekurangan Tipe GI
1 lagi pak ciri-cirinya lg….
pak,,,, saya lagi bingung cari judul skripsi yang cocok untuk PTK pelajaran kimia pada pokok bahasan hidrolisis,,,,,,,,,,,, tolong pak ya kasi solusiiii!!!!!! thx abill aceh
ass………..
saya mau tau tentang model pembelajaran berbasis masalah, jadi klw bisa tuliskan tentang konsepnya dan bagaimana penerapannya terutama pada bidang studi fisika
terima kasih
selamat siang pak..
mohon bantuannya, saya sedang bingung mencari model pembelajaran yang tepat untuk PTK mata pelajaran ipa (biologi) smp. dosen pembimbing menyarankan model pembelajran kooperatif tipe three minutes review, tetapi saya kesulitan mencari sumbernya. mohon saran dan arahannya. terimakasih
pak ku minta tolong beri tahu materi matematika apa aja yang cocok buat diterapkan dengan tipe GI….ples…..ni buat skripsiku
pa kalo model Kooperatif GI pada biologi boleh ga???tlg kasi 1 cnth judul skripsinya…
Terima kasih atas artikelnya, sangat berharga buat saya yang akan menyusun usulan prposal PTK ke LPMP Kalimantan Selatan. Salam dari guru Kimia SMAN 1 Anjir Pasar.
pa, tolong buatin judul PTK yang berhubungan dengan tipe GI ini dengan pembahasan ciri-ciri mahluk hidup
makasih
mau tanya apa bedanya Project Based Learning dng GI???
aku lagi mencari kelemahan dan kelebihan model pembelajaran group investigation dan CIRC. ada yang bisa bantu?
mungkin ada yang tau aku bisa dapat di bukuny siapa gitu.maksaih….
pak ,nih saya lg ngerjakan skripsi tentang GI tapi saya terapkan di SMK yang kopetensinya bikin suatu produk,kira2 isa gk ya?makasih
Makasih atas artikelnya. Moga PTK yang akan saya lakukan berjalan lancar.
makaci artikelnya ,, sangat membantu,,
knpa penerapan kooperatif tipe GI susah wat mata pelajaran ekonomi?
pak….skripsiku pke grup investigai kooperatif, boleh minta refrensi? buku Asthika tu cocok, kira2 carinya dmn ya?
mohon bantuan diberi rfrensi yang pas dong.
mkasih…utk rfrensi bukunya balas di email ya pak
ass. pak saya boleh minta cobtoh lembar obeservasi buat GI ga?. indah
Jika bapa berkenan, saya mohon bapa menyebutkan buku rujukan untuk Group Investigation
terima kasih
trimakasih banyak……………… sangat membantu saya
pak saya mau judull skripsi klo bsa sih yang banyak spaya ada pilihannya makasihh..
jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan
bisa tolong kasih contoh soalnya ga? trims