Beranda > Pendidikan > Teori Motivasi

Teori Motivasi

Baron dan Schank mendefinisikan bahwa motivasi adalah sebagai suatu proses internal yang mengaktifkan, membimbing dan mempertahankan perilaku dalam rentang tetentu. Secara sederhana motivasi adalah apa yang membuat kita berbuat, membuat kita tetap berbuat dan menemukan kearah mana yang hendak kita perbuat.

Dalam Kegiatan belajar terdapat dua aspek motivasi, yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik dapat diartikan sebagai dorongan untuk mencapai tujuan yang terletak di dalam perbuatan belajar. Misalnya, siswa dengan senang hati dan bekerja keras dalam melakukan tugas – tugas pembelajaran walaupun tidak menpadat gelar. Sebaliknya, motivasi ekstrinsik diartikan sebagai dorongan untuk mendapatkan ganjaran di luar perbuatan materi pelajaran yang dipelajari. Misalnya, selain ingin mendapatkan nilai yang bagus, pengakuan, hadiah atau penghargaan lain.

Menurut teori motivasi, motivasi dalam pembelajaran kooperatif terletak pada bagaimana bentuk hadiah atau struktur pencapaian tujuan saat siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran. Slavin mengemukakan struktur pencapaian tujuan dengan menciptakan situasi dimana keberhasilan seseorang ditentukan oleh keberhasilan kelompoknya. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan yang diinginkan anggota kelompok harus saling membantu satu sama lain untuk keberhasilan kelompok dan yang lebih penting adalah memberi dorongan atau dukungan kepada anggota kelompok lain untuk berusaha mencapai tujuan yang maksimal. Lebih lanjut keberhasilan kelompok didasarkan pada masing – masing anggota kelompoknya dengan cara meningkatkan motivasi belajar,  motivasi untuk mendorong semangat teman untuk belajar dan motivasi untuk membantu teman belajar.

  1. asuna17
    Mei 12, 2008 pukul 4:37 am

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/

    Doantara Yasa:
    Trimakasi buat infonya…
    http://pendidikan.infogue.com/teori_motivasi

  2. suhadinet
    Mei 13, 2008 pukul 4:52 am

    Makasih mampir, walaupun tepatnya barangkali Pak Putu terdampar di blog saya. Haha.ha..ha
    Blog Bapak Bagus.
    Salam kenal balik…

    Doantara Yasa :
    Sering-sering mampir ke blog saya.. saya ingin punya banyak kenalan trutama rekan rekan guru.. trims

  3. theresa putri
    November 22, 2008 pukul 9:57 am

    saya sdg nyiapin penelitian tentang motivasi memasuki suatu komunitas yang ada di masyarakat. saya menita tlg bantuan referensi buku2 tentang teori motivasi dunk.
    makasih banyak ya…

    kalo bisa ref. nya dikirim ke email saya ajah ya di the_po3@yahoo.co.id

    Thanks banget…

  4. Maret 31, 2009 pukul 2:56 am

    tulisan anda bagus-bagus pak terutama soal olimpiadenya matur nuwun

  5. April 18, 2009 pukul 11:44 am

    adadad

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: