Beranda > Pendidikan > Pendekatan Starter Eksperimen (PSE)

Pendekatan Starter Eksperimen (PSE)

Pada dasarnya pendekatan pembelajaran berkembang saat ini menekankan pada bagaimana membelajarkan siswa secara maksimal sehingga suasana belajar dikelas menjadi kondusif untuk siswa yang pada akhirnya bermuara pada pengkatan prestasi belajar. Salah satu pendekatan yang ada adalah Pendekatan Starter Eksperimen.

Pendekatan Starter Eksperimen (PSE) adalah terjemahan dari  “Starter Experiment Approach“, merupakan pendekatan komprensif untuk pengajaran matematika, yang mencakup berbagai strategi pembelajaran yang biasanya diterapkan secara terpisah dan berorientasi pada keterampilan proses. Menurut Depdiknas (2005) Pokok bahasan matematika yang dapat disajikan dalam kegiata belajar mengajar (KBM) dengan PSE ialah bila kegiatan belajar bisa dilakukan dengan percobaan. PSE mempunyai ciri khusus yaitu mengetengahkan alam lingkungan sebagai penyulut (starter) selanjutnya, pembelajaran dilakukan dengan memperaktekan prinsip-prinsip metode ilmiah meliputi pengamatan, dugaan, desain percobaan, eksperimen dan laporan hasil penelitian.

Menurut Schoenher unsur-unsur  PSE yaitu: 1) Mulai dengan pengamatan lingkungan, 2) memisahkan langkah-langkah penting seperti pengamatan, dugaan awal dan perumusan konsep, 3) bekerja dalam kelompok untuk menentukan langkah-langkah dan pelaksanaannya dalam percobaan pembuktian, 4) menyampaikan gagasan, pendekatan, konsep, dan penerapan, 5) mendefinisikan kembali peranan guru sebagai simulator dan organisator dalam proses belajar, 6) melampaui batas pengetahuan (ingatan) menjadi pemahaman dan 7) memberikan motivasi kepada siswa dan guru matematika.

Adapun desain percobaan atau model pembelajaran dalam PSE merupakan langkah-langkah utuh dan berurutan. Tahapan-tahapan kegiatan belajar mengajar dalam PSE adalah sebagai berikut: 1) Percobaan awal, yang dirancang oleh guru yang bertujuan untuk menggugah anak belajar, membangkitkan rasa ingin tahu dan menghubungkan konsep yang dipelajari dengan alam lingkungan, 2) Pengematan, dilakukan oleh siswa secara berkelompok yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan  hasil pengematan yang menuju pada konsep, 3)  Rumusan Masalah, dilakukan oleh siswa berdasarkan hasil pengematan yang bertujuan untuk membantu siswa dalam menyusun dugaan sementara, 4) Dugaan sementara, dilakukan siswa secara kelompok yang bertujuan untuk membuktikan dugaan sementara yang telah dirumuskan, 6) Perumusan Konsep, dilakukan oleh siswa yang bertujuan untuk dapat rumusan yang berlaku umum, 7) Penerapan Konsep, dilakukan oleh siswa yang bertujuan menggunakan kemapuannya dalam menerapkan konsep dalam situasi lain, 8) Evaluasi, dilakukan oleh siswa dengan tujuan, untuk menentukan efektifitas dari kegiatan belajar dalam wujud tingkat pemahaman siswa atas konsep yang telah diperoleh.

  1. Mei 29, 2008 pukul 2:07 am

    programnya mudah diterima siswa ya pak ?
    karena rata2 siswa banyak yg nggak suka dgn matematika.
    apakah efektif ya pak ?

  2. Juni 1, 2008 pukul 1:24 pm

    Waw!!!
    Blognya Bapak makin banyak tulisan bagusnya…
    Saya harus lebih sering ke sini nih.

  3. Juli 23, 2008 pukul 2:25 pm

    bagus ya pak tulisan bapak amat berguna untuk skripsi saya….kalau boleh saya tau reperensi yang mengenai PSE. TOLONG PAK YA soalnya saya lagi mulai nysun sripsi. kalau ngak keberatan tolong kirim ke dahwan@yahoo.co.id makasih sebelmnya…..

    • hery
      Juli 31, 2009 pukul 2:29 am

      pak tulisannya menarik sekali, saya mau melakukan penelitian tentang pendekatan starter eksperimen di sma. saya minta tolong kalau bisa bapak kirimkan literatur yang bapak pakai. jika bapak berkenan tolong email kan ke purnamahery@yahoo.com.atas bantuan bapak saya ucapakan limpah terima kasih.

  4. yasa
    Februari 5, 2009 pukul 3:40 am

    kodok hebat ci ngelah site pribadi

  5. Imam
    April 17, 2009 pukul 11:38 am

    Perkenalkan saya Imam Solihin, saat ini saya sedang study S2 di UM.
    Saya sangat tertarik dengan kontent yang bapak tulis, saya berniat mengangkatnya sebagai salah satu judul tesis. saya mohon bantuanya untuk mentdapat literatur yang dapat saya rujuk berkenaan dengan Pendekatan Starter Eksperimen. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  6. Imam
    April 20, 2009 pukul 11:28 am

    Pak, saya sangat tertarik dengan PSE yang bapak tulis, bisakah saya tau literatur yang bapak pakai, karna saya ingin mengetahui tentang PSE lebih dalam lagi. Jika bapak berkenan tolong e-mail kan ke romanisti.0010@yahoo.co.id. atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih

  7. Desember 12, 2009 pukul 8:02 pm

    okey bos

  8. Januari 5, 2010 pukul 7:17 pm

    Pak,terima kasih atas infonya tentan SEA. Saya berencana akan meakukan penelitian tentang SEA untuk skripsi saya .Mohon bantuannya Pak.Bagaimana mendapatkan literaturyang berkenaan dengan SEA. Jika tidak keberatan, tolon kirimkan ke email saya…janna_251288@yahoo.com .Terima kasih banyak.

  9. Januari 25, 2010 pukul 11:02 am

    makasih mas infonya…

  10. enny rulistyawati
    Februari 15, 2010 pukul 11:10 am

    Pak saya enny mahasiswi S1 yang sedang menyusun skripsi tentang PSE. Jika boleh saya tahu dimanakah bapak mendapatkan literatur tentang PSE? mohon bapak berkenan mengirimkan balasannya ke email saya ennyrulistyawati@yahoo.com atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih

  11. Altus
    Oktober 27, 2010 pukul 1:19 am

    Pak, saya mahasiswi yang sedang menyusun skripsi. Saya begitu tertarik dengan PSE yang bapak tulis, bisakah saya meminta literatur yang bapak pakai guna kelancaran saya dalam membuat skripsi. Jika bapak berkenan tolong e-mail kan ke baruatialtus@yahoo.co.id. Atas bantuan bapak saya mengucapkan terima kasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

