Beranda > PTK > Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas XI SMA Tahun Pelajaran 2006/2007.

Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas XI SMA Tahun Pelajaran 2006/2007.

ABSTRAK

Kata kunci: prestasi belajar, pembelajaran, kooperatif, group investigation

Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang teridentifikasi pada pembelajaran matematika di kelas XI IPA SMA , yaitu: rendahnya prestasi belajar matematika siswa dalam penguasaan materi dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang mengabaikan keheterogenan siswa. Siswa datang ke sekolah dan memasuki kelas, telah memiliki gagasan-gagasan dari pengalaman yang mereka alami yang berhubungan dengan materi yang mereka pelajari di kelas. Sehingga gagasan siswa terhadap suatu objek menjadi prakonsepsi yang tidak didukung oleh penyelidikan yang cermat. Karena pengalaman yang berbeda dari masing-masing siswa sehingga muncul keheterogenan dalam hal bakat, kemampuan awal, kecerdasan, motivasi dan dalam hal lainnya. Maka guru perlu menciptakan suasana kelas yang bernuansa kolaborasi. Salah satu kemasan pembelajaran yang memiliki aspek kolaborasi adalah kemasan pembelajaran berorientasi model belajar kooperatif. Model pembelajaran kooperatif dikembangkan menjadi beberapa tipe, salah satu diantaranya adalah kooperatif tipe Goup Investigation (GI), yang menekankan pada penyelidikan dengan mengkaitkan konsep yang dipelajari dengan pengalaman yang telah mereka miliki. Berkenaan dengan itu timbul suatu keinginan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe GI dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Penelitian ini difokuskan pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA . Dengan permasalahan yang akan dicari jawabannya adalah “Apakah pendekatan pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA dari waktu ke waktu ?”  Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SMA dengan subyek penelitian adalah kelas XI IPA sebanyak 32 orang.

Data tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes uraian dan objektif pada tiap akhir siklus, dianalisis dengan metode deskriptif komparatif. Setelah dilakukan analisis data maka didapat hasil sebagai berikut. Skor rata-rata kelas, daya serap (DS) dan ketuntasan belajar (KB) pada pra siklus, siklus I dan siklus II berturut – turut sebesar: “6,91”, “7,24”, dan “7,78”; “69,1%”, “72,4%”, dan “77,8%”; “69,6%”, “87,0%”, dan “91,3%”. Persentase peningkatan skor rata- rata, Ketuntasan Belajar ( KB ), dan Daya Serap ( DS ) dari pra siklus ke siklus I, siklus I ke siklus II, dan pra siklus ke siklus II berturut – turut sebesar: “4,8%”, “7,5%”, dan “12,5%”; “4,8%”, “7,5%”, dan “12,5%”; dan “25%”, “4,9%”, dan “31%”.

Setelah mendapat hasilnya maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA tahun pelajaran 2006/2007 dari waktu ke waktu, ditunjukan dengan terjadinya peningkatan skor rata-rata Ketuntasan Belajar ( KB ), dan Daya Serap ( DS ) dari pra siklus ke siklus I, siklus I ke siklus II, pra siklus ke siklus II.

Dari simpulan disampaikan saran sebagai berikut: 1) pendekatan pembelajaran kooperatif tipe GI dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru mata pelajaran matematika sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dari waktu ke waktu, 2) diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk mengambil kebijakan dalam mengembangkan pembelajaran melalui kooperatif tipe GI pada mata pelajaran yang lainnya, dan  3) kepada calon peneliti lain, disarankan untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang pendekatan pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pokok bahasan yang berbeda.

Code : PTK01

Yang ingin mendapatkan PTK ini klik disini

  1. siska
    Juli 20, 2010 pukul 6:01 am

    ass. . .
    bisa minta tlong untuk mengirimkan artikel ini ke email saya?
    trimakasi . .

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: